Berita » Produk Inotek Balitkabi Curi Perhatian Pengunjung Malang City Expo 2019

Ajang pameran Malang City Expo 2019 yang digelar di Stadion Gajayana Malang tanggal 17–20 Juli 2019 dibuka secara resmi oleh Ibu Ir. Victoria br. Simanungkalit (Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI) pada tanggal 18 Juli 2019.

berita-20_7_19malangcityexpo-e

Gambar 1. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi M.S. bersama Mr. Isaac Grace dan Mr. Amirul Azman Ahmad.

Melalui even ini, Balitkabi-Balitbangtan juga unjuk gigi menampilkan berbagai inovasi unggulan yang telah dihasilkan untuk dipamerkan kepada masyarakat luas termasuk benih varietas unggul dan aneka produk olahan berbahan baku Akabi. Antusiasme pengunjung sangat luar biasa.

Pada hari kedua, stand Balitkabi mendapat kunjungan kehormatan Bapak Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji beserta Ibu Widayati Sutiaji, Ibu Victoria (Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI) yang didampingi oleh Ibu Mirah Ayu (Public Relation Kementerian Koperasi dan UKM RI), Mr. Isaac Grace (Counselor of Fiji Embassy), dan Mr. Amirul Azman Ahmad (Trade Commisioner of Malaysia Embassy).

Mr. Isaac sangat antusias mencicipi produk olahan berbahan baku aneka umbi hasil inovasi Balitkabi-Balitbangtan. “Ini luar biasa, sangat inovatif, dan enak rasanya,” kata Issac bersemangat. Kami masyarakat Fiji juga mengkonsumsi aneka olahan berbahan baku umbi, sama seperti di Indonesia, namun di Fiji, produk olahan masih sangat sederhana.

Gambar 2. Pembukaan Malang City Expo oleh Ibu Victoria (kiri) dan Kunjungan Bapak Walikota Malang beserta Ibu dan Ibu Victoria di stand Balitkabi didampingi peneliti senior Balitkabi Dr. Joko Susilo Utomo (kanan)

Gambar 2. Pembukaan Malang City Expo oleh Ibu Victoria (kiri) dan Kunjungan Bapak Walikota Malang beserta Ibu dan Ibu Victoria di stand Balitkabi didampingi peneliti senior Balitkabi Dr. Joko Susilo Utomo (kanan).

Isaac menyatakan akan datang kembali ke Malang dan berkunjung ke Balitkabi untuk mengetahui lebih mendalam kemungkinan dilakukan kerjasama antara Pemerintah Republik Fiji dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui Balitkabi untuk mendiseminasikan hasil inoteknya terkait olahan aneka umbi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. menyambut niat baik Mr. Isaac dengan suka cita. “Ini adalah kesempatan baik bagi Balitkabi-Balitbangtan untuk menderaskan hasil inoteknya ke mancanegara,” ujar Yuliantoro. “Silakan kunjungi kantor kami, kami sangat terbuka menerima siapapun yang ingin belajar mengenai Akabi baik dari segi teknologi budi daya maupun olahan”, kata Yuliantoro kepada Mr. Isaac.

berita-18_7_19inotekakabi-b

Gambar 3. Kunjungan Kakang dan Mbakyu Kota Malang di stand Balitkabi.

Wali kota Malang Drs. Sutiaji beserta Ibu Widayati Sutiaji dan Ibu Victoria juga menyatakan ketertarikannya dengan berbagai olahan berbahan baku pangan lokal yang sudah sulit ditemui seperti Ganyong dan Garut. Kakang dan Mbakyu kota Malang juga bersedia menjadi corong promosi produk inotek Balitkabi kepada para tamu yang datang di kota Malang setelah mengenal lebih dekat berbagai olahan berbasis akabi. Semoga inotek Balitkabi-Balitbangtan semakin mendunia.

KN