Berita » Produk Olahan Ubi Jalar Hadir pada AIF 2021

Mentan SYL di stand inkubis ubi jalar

Mentan SYL di stand inkubis ubi jalar

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) kembali menggelar Agro Inovasi Fair (AIF), 7 Nopember 2021 di Balai PATP Bogor, disajikan berbagai agenda diantaranya ekspo teknologi inovatif pertanian, temu bisnis, demo teknologi inovatif pertanian, bimbingan teknis, dan bazar produk usaha kecil menengah (UKM). Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. dan Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian (B.S. Koentjoro, S.P., M.Kom.) hadir pada acara tersebut.

Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., yang berkenan hadir dan membuka AIF 2021, menyampaikan bahwa riset dan inovasi adalah kunci agar pangan lokal dapat diterima di pasar internasional.

“Ayo, sagu kita harus bisa masuk pasar dunia. Begitu juga beras singkong dan produk olahan pangan lokal lainnya. Jangan kita bergantung pada pangan impor,” tegas Mentan SYL.

Pada posisi yang demikian itu, Balitbangtan sangat strategis keberadaannya. Ditantang lebih lanjut oleh Mentan SYL, pangan lokal apa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Benih apa yang cocok untuk cuaca saat ini.

AIF 2021 mengangkat tema tentang sinergi agroindustri pangan lokal tembus pasar dunia. Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong kerjasama antara peneliti dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Lebih lanjut Fadjry mengatakan bahwa saat ini Balitbangtan segera menerbitkan buku 700 inovatif teknologi Balitbangtan, yang akan menjadi bukti bahwa teknologi Balitbangtan sudah siap dikembangkan melalui mekanisme kerjasama lisensi.

Kepala Balitkabi (kanan) bersama penggerak inkubis ubi jalar (Ibu Detin) pada AIF 2021

Kepala Balitkabi (kanan) bersama penggerak inkubis ubi jalar (Ibu Detin) pada AIF 2021

Salah satu inkubis Balitkabi, yakni D’Win Snack and Cookies dari Ciamis, ikut serta meramaikan AIF 2021 dengan menampilkan produk olahan ubi jalar IceBi (es krim ubijalar ungu) dan JusBi (jus ubi jalar). Mentan SYL bersama Kepala Balitbangtan berkenan mengunjungi inkubis tersebut, dan Mentan SYL memberikan apresiasi terhadap produk olahan dari ubi jalar, sambil menikmati JusBi.

“Terima kasih peneliti atas karyamu untuk Indonesia, kembangkan terus inovasimu”, demikian penyemangat dari Mentan SYL.

BSK/AK