Berita » Penutupan Audit Internal UPBS Balitkabi

Penutupan Audit Internal UPBS Balitkabi

Penutupan Audit Internal UPBS Balitkabi

Kegiatan Audit Internal UPBS Balitkabi yang dibuka tanggal 23-26 Maret 2021, dan pada 26 Maret 2021 itu pula dilakukan penutupan. Seperti saat pembukaan, acara penutupan audit juga dihadiri oleh Dr. Ir. Titik Sundari, MP. selaku Direktur UPBS, Ir. Trustinah, MS. selaku Wakil Direktur, semua jajaran manajer serta staf UPBS, dan tim auditor di bawah komando Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D.

Sebelum memaparkan hasil audit, Joko menjelaskan manfaat audit adalah: 1) Memastikan dan mengkonfirmasi persyaratan peraturan perundang-undangan terkait ditaati, 2) Menentukan tingkat kinerja pengelolaan sistem manajemen, 3) Membuktikan tanggungjawab dan komitmen manajemen terhadap penerapan sistem manajemen, 4) Memastikan risiko terkait telah dikelola dan dikendalikan dengan baik, 5) Mengidentifikasi peluang penghematan sumberdaya dan biaya, perbaikan/peningkatan kinerja, 6) Proses, mencegah kehilangan/kerugian (loss prevention) dan peningkatan efisiensi, dan 7) Menyediakan informasi yang objektif dan mandiri yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Berdasarkan hasil audit terdapat empat ketidaksesuaian minor dan empat observasi. “Dikategorikan ketidaksesuaian minor adalah bila terdapat prosedur atau persyaratan yang tidak dijalankan secara konsisten atau tidak mempunyai dampak serius terhadap mutu atau sistem mutu”, kata Joko. Sedangkan ketidaksesuaian dikatakan observasi bila temuan tidak mempengaruhi efektivitas sistem mutu namun bila dilakukan akan meningkatkan kinerja sistem.

Dr. Titik Sundari selaku Direktur UPBS Balitkabi bersyukur tidak ada temuan mayor. Beliau berterimakasih kepada tim auditor yang telah menjalankan tugas dengan baik. ”Kegiatan audit internal ini melatih kita bersikap profesional”, kata Titik, karena audit internal kali ini diterapkan audit silang yaitu auditor berasal dari dalam UPBS sendiri dan dari luar UPBS. Kita harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak terkait dalam memproduksi benih, lanjutnya. Ketidaksesuaian minor dan observasi yang sudah disampaikan oleh tim auditor harus segera diselesaikan, sehingga audit eksternal bisa segera dilakukan.

Menegaskan kembali apa yang disampaikan Direktur UPBS, Trustinah berharap ketidaksesuaian minor dan observasi yang disampaikan oleh tim auditor dapat segera diselesaikan. Semoga ke depan UPBS Balitkabi semakin maju dan profesional…

KN/SW

audit1 audit2
Kegiatan Audit Internal UPBS Balitkabi