Berita ┬╗ PT Amerta Indah Otsuka Menggandeng Balitkabi Merakit VUB Kedelai Berkarakter Khusus

dsc_1782

PT. Amerta Indah Otsuka (PT. AIO) merupakan perusahaan yang menghasilkan salah satu produk olahan berbasis kedelai dengan nama dagang Soyjoy. Soyjoy adalah camilan/snack berbentuk bar, terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli.  Selama ini PT. AIO kesulitan mendapatkan bahan baku kedelai yang sesuai untuk produk tersebut.

dsc_1773

Dalam upayanya untuk memperoleh bahan baku kedelai yang dibutuhkan, PT. AIO menggandeng Balitkabi untuk merakit varietas unggul baru dengan karakter khusus yang sesuai untuk produk Soyjoy. Penjajagan kerjasama ini telah dirintis mulai tahun 2018 dengan skenario introduksi varietas dan persilangan untuk menghasilkan VUB kedelai yang sesuai dengan produk olahan pangan tersebut. Namun, karena upaya introduksi menemui beberapa kendala, akhirnya dilakukan uji kesesuaian lima puluh sampel kedelai terdiri dari varietas dan galur harapan yang ada di Balitkabi untuk produk Soyjoy oleh PT. AIO. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh dua varietas (Grobogan dan Dena 2) serta enam galur harapan yang teridentifikasi sesuai untuk produk Soyjoy.

dsc_1779

Sebagai tindak lanjut dari hasil pengujian tersebut, pada tanggal 26 Maret 2019, Head of R&D, PT. AIO Bapak Narendra berkunjung ke Balitkabi diterima oleh Dr. Titik Sundari, Dr. Novita Nugrahaeni, dan Ir. Abdullah Taufiq, MP. membicarakan rencana kerjasama untuk melepas galur-galur harapan yang terindikasi sesuai untuk produk Soyjoy sebagai varietas unggul baru kedelai dengan karakter khusus.Pada kesempatan itu juga dibicarakan bentuk MoU kerjasama antara PT AIO dengan Balitkabi.

TS