Berita ยป PT. HRL Berkunjung ke Balitkabi untuk Penjajagan Kerjasama

PT HRL Internasional adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak di sektor Agrobisnis Pertanian Terpadu. Dalam upaya mengembangkan usaha PT. HRL melalui tim R&D-nya, yaitu Akbar Setyo Pambudi, Bintang Kerta Wijaya, dan Wanda Ardianto melakukan kunjungan ke Balitkabi untuk menjajagi kerjasama pengembangan komoditi yang berpotensi dikembangkan pada lahan kering, menggali informasi tentang perbenihan, serta peluang intensifikasi pemanfaatan lahan pada pertanaman porang. Tim HRL diterima oleh Koordinator Substansi Jasa Penelitian (Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom.), Wakil Direktur UPBS (Herdina Pratiwi, S.P., MP.) dan peneliti (Dr. Novita Nugrahaeni).

Diskusi PT. HRL dengan Koordinator Substansi Jaslit dan Peneliti

Diskusi PT. HRL dengan Koordinator Substansi Jaslit dan Peneliti

Bambang Sri Koentjoro menyampaikan kesiapan Balitkabi menyediakan informasi teknologi dan kemungkinan kerjasama sepanjang berbasis aneka kacang dan umbi (akabi). Herdina Pratiwi mengulas proses produksi benih sejak dari lapang hingga siap dipasarkan, termasuk proses pengawalan mutu dan fasilitas yang ada di UPBS.

Novita menyampaikan kegiatan konservasi SDG porang koleksi Balitkabi, yang diantaranya terdapat porang sumbangan dari PT. HRL. Pada tahun 2021, Balitkabi menerima tiga buah umbi porang dari PT. HRL Internasional, yaitu Blora No. 1 (berat 4,3 kg), Blora No. 2 (5,2 kg), dan Blora No. 3 (3,4 kg). Umbi porang tersebut merupakan hasil panen dari Desa Nglarohgung, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

PT. HRL bersama Wadir UPBS Balitkabi meninjau kegiatan di UPBS

PT. HRL bersama Wadir UPBS Balitkabi meninjau kegiatan di UPBS

Ketiga umbi telah ditanam dalam pot pada awal Oktober 2021. Dari umbi Blora No. 1 tumbuh bunga berbentuk flat end dengan cone panjang, umbi Blora No. 2 tumbuh tunas dengan motif prisma dan garis rapat, Blora No .3 tumbuh bunga dan tunas. Bunga Blora No. 3 berbentuk ujung terlipat dengan cone pendek, sedangkan batang bermotif prisma dengan garis jarang.

Penyerahan tanda terima SDG porang asal Blora (kiri), kunjungan ke pertanaman SDG porang Balitkabi (kanan)

Penyerahan tanda terima SDG porang asal Blora (kiri), kunjungan ke pertanaman SDG porang Balitkabi (kanan)

Pada kesempatan kunjungan tersebut diserahkan Surat Keterangan Penerimaan SDG porang dari PT. HRL ke Balitkabi. Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, PT. HRL akan menyiapkan draft kerjasama yang akan disampaikan ke Balitkabi sebagai awal proses kerjasama.

NN