Berita ยป PT HRL Internasional Belajar Porang dan Kacang Tanah di Balitkabi

Dr. Novita Nugrahaeni menyampaikan materi budidaya tanaman porang

Dr. Novita Nugrahaeni menyampaikan materi budidaya tanaman porang

PT. HRL International adalah perusahaan yang bergerak di sektor agrobisnis pertanian, yang berpusat di Gresik, Jawa Timur. Perusahaan ini terus mengembangkan komoditas yang berbasis pertanian diantaranya kacang tanah dan porang. Lima orang staf perusahaan ditugaskan ke Balitkabi pada tanggal 20 April 2021. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dekat komoditas yang akan dikembangkan di perusahaannya. Materi budidaya tanaman kacang tanah yang disampaikan oleh Ir. Joko Purnomo, MS., menganjurkan penggunaan varietas unggul karena produktivitasnya tinggi, selain memiliki keunggulan masing-masing sesuai deskripsinya. Saat ini telah tersedia varietas unggul baru kacang tanah sesuai untuk lahan sawah antara lain: Kancil, Jerapah, Bison, Tuban, Zebra, Panter, Singa, Domba, Hypoma 1, Hypoma 2, Katana 1, dan Katana 2, sedangkan untuk lahan masam dapat menggunakan varietas Talam 1 maupun Talam 2. Tahap-tahap budidaya tanaman kacang tanah diuraikan mulai persiapan tanam, tanam, pemupukan, pengendalian gulma, pengendalian hama penyakit hingga panen dan pasca panen.

Narasumber lainnya, Dr. Novita Nugrahaeni, memberikan materi mengenai budidaya tanaman porang yang diawali dengan cara mengidentifikasi tanaman porang dan kerabatnya serta pengenalan varietas porang Madiun 1. Tanaman porang mempunyai karakteristik yang unik, karena mempunyai dua siklus hidup dan masa dorman. Habitat asli tanaman porang di hutan dengan tingkat naungan idealnya 40% – 60%, meskipun demikian saat ini budidaya porang juga bisa dilakukan di lahan-lahan terbuka. Plus minus budidaya di kedua lingkungan dibahas dalam sesi diskusi. Pengendalian OPT merupakan hal yang krusial, Eriyanto Yusnawan, Ph.D., mengupas tuntas hama dan penyakit tanaman porang dan cara pengendaliannya. Staf PT. HRL International sangat antusias mengikuti penjelasan para narasumber, hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada sesi diskusi.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi penelitian porang, Tim PT. HRL International dapat melihat secara langsung pertanaman porang yang ditanam di lahan terbuka dan di lahan yang ternaungi. Selain itu juga mengamati pertumbuhan porang yang berasal dari berbagai perbedaan ukuran katak/bulbil dan mengenali secara langsung hama dan penyakit porang. Tim budidaya tanaman PT. HRL tetap menunjukkan semangat yang tinggi hingga akhir acara dan berharap bisa kembali ke Balitkabi untuk belajar lebih banyak lagi teknologi yang sudah dihasilkan Balitkabi.

FCI/NN/EY

hrl2 hrl3

Kunjungan ke pertanaman porang di lahan ternaungi dan terbuka, serta diskusi teknologi budidaya tanaman kacang tanah dan porang

Kunjungan ke pertanaman porang di lahan ternaungi dan terbuka, serta diskusi teknologi budidaya tanaman kacang tanah dan porang