Berita ยป Puslitbangtan Adakan Rakor Antisipasi Kekeringan

Musim kemarau panjang yang terjadi pada tahun ini berdampak positif maupun negatif pada sistem pertanian di Indonesia. Dampak positif terjadi pada lahan-lahan rawa, dimana pada musim kemarau permukaan air menyusut, sehingga lahan berpeluang besar untuk ditanami padi (varietas adaptif lahan rawa), sedangkan dampak negatif terjadi pada lahan sawah irigasi yang semula dengan pola tanam padi-padi-padi, berubah menjadi padi-padi-bera atau bahkan menjadi padi-bera-bera, karena ketersediaan air yang terbatas.

Rakor antisipasi kekeringan di BB Padi dan survey calon lokasi demfarm di Indramayu

Rakor antisipasi kekeringan di BB Padi dan survey calon lokasi demfarm di Indramayu

Dampak negatif ini terlihat jelas disepanjang jalur Pantura (Indramayu, Karawang, Subang, dan Cirebon) yang merupakan sentra tanaman padi. Saat ini banyak sawah yang telah mengering, kekurangan air untuk tanam padi di musim kedua.

Untuk mengantisipasi kegagalan panen dan kerugian bagi petani, pemerintah berencana melakukan demfarm antisipasi kekeringan melalui penanaman tanaman jagung-kedelai seluas 100 ha di wilayah Pantura tersebut. Tanaman jagung dan kedelai membutuhkan air lebih sedikit dibandingkan padi.

Calon lokasi demfarm antisipasi kekeringan di Indramayu.

Calon lokasi demfarm antisipasi kekeringan di Indramayu.

Dalam rangka mewujudkan rencana tersebut, Puslitbang Tanaman Pangan melakukan Rapat Koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Karawang, Subang dan Cirebon pada tanggal 9 Juli 2019 bertempat di Balai Besar Penelitian Padi. Rapat koordinasi juga dihadiri oleh tim yang terdiri dari Kabid KSPHP Puslitbangtan Dr. Agus Wahyana Anggara, Kabid KSPHP BB Padi Dr. Suprihanto bersama Dr. Titik Sundari dari Balitkabi dan Dr. Amin Nur dari Balitsereal.

Tindak lanjut Rakor telah dilakukan survey pada 10 Juli 2019 ke empat Kabupaten Indramayu, Karawang, Subang dan Cirebon dengan kegiatan: [1] Identifikasi lahan, [2] Pemetaan lokasi terancam atau terdampak kekeringan, dan [3] Status air. Semoga demfarm yang akan dilaksanakan memberikan hasil yang memuaskan dan memberikan manfaat bagi petani.

TS