Berita ยป Raker Balitbangtan: Peningkatan dan Pencapaian Sasaran Kinerja 2021

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), 26-28 November 2021, melaksanakan Rapat Kerja (Raker) di Hotel Claro Makasar, bertemakan Transformasi Kelembagaan menuju Kinerja Pembangunan Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern.

Sekretaris Balitbangtan (Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA) menyampaikan tujuan raker adalah konsolidasi capaian kinerja Balitbangtan TA 2021 dan memantapkan perencanaan kelembagaan, program dan kegiatan, SDM, dan aset pada transformasi kelembagaan penelitian dan pengembangan untuk mendukung percepatan pencapaian sasaran strategis pembangunan pertanian.

Arahan Kepala Balitbangtan pada raker 26-28 November 2021

Arahan Kepala Balitbangtan pada raker 26-28 November 2021

Raker diikuti jajaran unit kerja dan unit pelaksana teknis lingkup Balitbangtan, berjumlah sekitar 250 peserta. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., hadir pada raker tersebut beserta Kepala Subbagian Tata Usaha (Drs. Subarkah), Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknis (Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P.), Subkordinator Substansi Jasa Penelitian (Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom.) dan Dr. Ayda Krisnawati, S.P., M.Sc.

Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., mengawali sambutannya dengan menyampaikan bahwa sebelum Balitbangtan resmi ditetapkan oleh pemerintah (Perpres tahun 1974), pusat-pusat penelitian sudah terbangun, sejak tahun 1905, kita sudah berkonstribusi terhadap pembangunan pertanian di Indonesia.

Kita telah menjadi bagian dari pelaku sejarah penelitian di negara kita ini. Balitbangtan telah banyak melahirkan berbagai program untuk mendukung pembangunan pertanian, taruhlah SUT (Sistem Usaha Tani), AEZ (Agro Ekologi Zone), KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), dan sebagainya, bahkan terakhir adalah RPIK (Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif).

Keberadaan RPIK diharapkan menjadi jembatan antara Kementan dengan BRIN. Keberadaan RPIK betul-betul telah diapresiasi keberhasilannya, dan ini merupakan loncatan dari Balitbangtan. “Jadikan RPIK sebagai platform kerja penelitian kita berikutnya”, tegas Fadjry.

BRIN telah ditetapkan melalui undang-undang oleh pemerintah. Diingatkan oleh Kepala Balitbangtan, yang akan ke BRIN, merupakan duta-duta Balitbangtan, merupakan penugasan dari Balitbangtan ke BRIN.

Kepala Balitkabi (2 dari kanan) pada raker Balitbangtan di Makassar

Kepala Balitkabi (2 dari kanan) pada raker Balitbangtan di Makassar

“Mari kita jaga solidaritas kita bersama. Kita tetap berada di rumah kita. Mari kita pertahankan prestasi yang sudah kita capai selama ini. Yang perlu kita jaga adalah menjaga program prioritas pertanian.

Jangan memikirkan yang lain-lain, sekali lagi kita berada di rumah kita. Kita jaga bersama rumah kita, siapa saja yang lahir di Balitbangtan. Ini adalah tanggung jawab moral, dimanapun kita berada”, pungkas Fadjry.

Menteri Pertanian memberikan apresiasi terhadap kinerja Balitbangtan. Balitbangtan memang bisa hadir dimana saja. Balitbangtan keren!

AK/BSK