Berita » Rakor Balitkabi Mengawal Percepatan Kinerja

a-rapat-kordinasi

Rapat koordinasi (Rakor) bermanfaat untuk mengawal program dan mengevaluasi kegiatan dan pembenahan kinerja Balitkabi agar tetap berada di jalur Renstra Balitkabi. Rakor Triwulan II Balitkabi diikuti 50 orang terdiri dari Kepala Balai, Ketua Program, Pejabat Eselon IV, Ketua Kelti, Koordinator Komoditas, Penanggung Jawab RPTP, dan para Penanggung Jawab Kelembagaan Internal, dilaksanakan 22 April 2013, di Aula Balitkabi.

Rakor yang diawali dengan pembingkaian oleh Kepala Balitkabi, membahas lima materi penting, yaitu: (1) kemajuan serapan anggaran sampai dengan 15 April 2015, (2) evaluasi kinerja dan strategi pencapaian target ketatausahaan, (3) evaluasi kinerja dan strategi pencapaian target lingkup jasa penelitian (Jaslit), (4) evaluasi kinerja dan strategi pencapaian target lingkup Pelayanan Teknis (Yantek) dan (5) program kerja dan evaluasi kegiatan di KP lingkup Balitkabi (KP Ngale, KP Kendalpayak, KP Jambegede, KP Muneng dan KP Genteng Banyuwangi).


Kepala Balitkabi menekankan bahwa Rakor seperti ini sangat penting dilakukan yaitu untuk evaluasi kinerja dan strategi yang akan dikerjakan sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk menghasilkan teknologi dengan mengacu pada Renstra Balitkabi.

Untuk meningkatkan serapan diperlukan kerja keras dan kiat-kiat. Serapan keuangan yang tidak tergantung pada musim dapat segera dikerjakan secepatnya. Percepatan SPJ dapat dibantu dengan LS. Kinerja di lingkup eselon IV sudah baik, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan sehingga efektivitas dan efisiensi kinerja dapat memenuhi target.

Kendala yang dihadapi harus segera dicarikan solusi pemecahannya yang sesuai dengan Tupoksi dari kinerja lingkup eselon IV. Beberapa masukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja segera dilaksanakan dengan menyusun skala prioritas. Kegiatan program kerja dan evaluasi kegiatan di semua KP berjalan sesuai dengan rencana dan kegiatan fisik maupun keuangan dapat mencapai 15–25%.

Marwoto & Yusmani/AW