Berita » Raker Puslitbangtan Rancang Peningkatan Kinerja Penelitian Tanaman Pangan

a-raker_1_a_2_1

Untuk mengawali kinerja tahun 2013, mengevaluasi hasil kinerja tahun 2012, dan mempersiapkan rencana kerja tahun 2014 serta rencana strategis tahun 2015-2019, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan mengadakan Rapat Kerja. Raker yang berlangsung di Balitkabi, 25-27 Februari 2013,diikuti olehKepala Balai dan Pejabat Eselon IV, Peneliti, dari BB Padi, Balitsereal, Balitkabi, dan Lolit Tungro, dan serta Pejabat Puslitbangtan. Panitia Raker mengundang Prof.Dr. Djoko Said Damardjati, Prof.Dr. Pantjar Simatupang, Prof.Dr. Suyamto, danProf.Dr. Elna Karmawati menjadi nara sumber. Raker dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Plt Kepala Puslitbangtan, Dr. Handewi P. Saliem.


Dalam sambutannya, Kepala Badan Litbang mengharapkan kinerja Puslitbangtan harus lebih baik lagi. Pada masa mendatang Badan Litbang, khususnya Puslitbangtan memegang peran yang semakin penting dan berat. Hal ini karena Kementerian Pertanian harus mewujudkan empat target sukses yang salah satunya swasembada pangan. Tiga dari Lima target swasembada pangan dibebankan kepada Puslitbangtan yaitu swasembada padi, jagung, dan kedelai. Tiga target swasembada tersebut merupakan tugas berat Puslitbangtan.


Untuk mewujudkan target tersebut Puslitbangtan harus merencanakan strategi yang jitu. “Terobosan yang harus dilakukanadalah perakitan varietas unggul baru dengan berbagai keunggulan dan perbaikan inovasi teknologi budidaya. Dengan diperolehnya varietas unggul baru dan perbaikan inovasi teknologi, swasembada pangan diharapkan dapat terwujud. Jika swasembada pangan tidak terwujud, Kementerian Pertanianmendapat rapot merah”, jelas Dr. Handewi. Litbang Pertanian menggariskan seluruh Peneliti dan karyawan dilingkungan Badan Litbang harus bekerja dengan motto: “Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas”, lanjut beliau.


Selain Pembingkaian dan Pengarahan Kepala Badan Litbang, Raker akan membahas secara mendalam tentang: (1) Evaluasi Kinerja 2010-2012 dan Terobosan 2013-2014, (2) Strategi Induk Pembangunan Pertanian 2013-2045, (3) Lingkungan Strategis Litbang Tanaman Pangan, dan (4) Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Peneliti. Materi pokok bahasan tersebut akan disampaikan oleh nara sumber yang kompteten di bidangnya masing-masing, yaitu Prof. Djoko Said Damardjati, Prof. Pantjar Simatupang, dan Prof.Dr. Elna Karmawati.

Sementara itu Ketua Panitia Raker, Dr Muchlish Adie, di samping mengucapkan selamat datang, juga menegaskan bahwa kudapan yang disuguhkan merupakan produk hasil penelitian, yang dibuat oleh peneliti dan teknisi lab pangan. “Semuanya dibuat dari bahan umbi-umbian”, tegas Pak Muchlish.

Pada malam ramah tamah, para peserta dihibur oleh Band Balitkabi pimpinan Ir Taufiq Abdullah, M.S., dan Kerawitan Balitkabi yang dikomandani Dr Suharsono. Ditampilkan pula kreasi wayang orang pethilan (cuplikan dari cerita panjang) berlakon: “Petruk Cari Masalah” alias “Petruk dot Explore”, yang ternyata mampu menyegarkan suasana. Seluruh pelaku kesenian merupakan Peneliti dan Keluarga Besar Karyawan Balitkabi.


Strsn/AW