Berita » Rapat Kerja Terpadu Balitbangtan Tahun 2019

Pengarahan dan pembukaan Raker Gabungan Badan Litbang Pertanian oleh Kepala Badan Litbang Bapak Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si

Pengarahan dan pembukaan Raker Gabungan Badan Litbang Pertanian oleh Kepala Badan Litbang Bapak Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si

Rapat Kerja (Raker) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) tahun 2019 yang diselenggarakan di Malang-Jawa Timur dari tanggal 3 hingga 5 April 2019 dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. Rapat kerja mengambil tema “Konsolidasi Manajemen SDM, Program 2020-2024 dan Akselerasi Diseminasi Teknologi Pertanian Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan”. Model penyelenggaraan Raker kali ini berbeda dengan raker-raker sebelumnya karena merupakan Raker Terpadu gabungan empat Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang), yaitu Puslitbang Tanaman Pangan, Puslitbang Hortikultura, Puslitbang Perkebunan, dan Puslitbang Peternakan.
Dalam sambutannya, Kepala Balitbangtan menekankan bahwa semangat korporasi harus dibangun dan diwujudkan, sehingga sinergi antar UPT lingkup Balitbangtan harus lebih ditingkatkan, sekat-sekat dan egosentris antar UPT harus dihilangkan. Lebih lanjut disampaikan bahwa mulai tahun 2020, kegiatan riset tidak lagi dilaksanakan dalam skala kawasan dan dilaksanakan oleh gabungan lembaga riset yang kompeten di bidang masalah yang akan digarap dalam kawasan tersebut. Pada tahun-tahun mendatang, Balitbangtan tidak harus mengerjakan banyak hal, tetapi yang dikerjakan harus berdampak langsung kepada pengguna akhir.
Dalam kaitannya dengan percepatan hilirisasi inovasi, Kepala Balitbangtan menekankan perlunya memperbanyak amunisi agar hilirisasi inovasi dalam dilaksanakan secara masif, sebagai contoh benih varietas unggul baru harus disediakan dalam jumlah banyak dan dibagikan secara gratis kepada petani.
Dalam kaitannya dengan manajemen, Kepala Balitbangtan berjanji akan memperbaiki manajemen internal Balitbangtan, aturan-aturan yang dapat menghambat proses akan ditinjau ulang dan diperbaiki. Pada akhir sambutannya, Bapak Kepala Badan menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para peneliti yang telah banyak menghasilkan inovasi.

AT