Berita » Rapat Koordinasi Evaluasi 2012 dan Perencanaan 2013 Lingkup Puslitbangtan

Dr. Nyoman Widiarta dan Prof. Dr. Marwoto dalam pembukaan rapat dan foto bersama para peserta rapat kordinasi program lingkup Puslitbangtan.

Era pembangunan yang semakin kompetitif menuntut peran Badan Litbang Pertanian dalam pembangunan pertanian (impact recognition) dan peningkatan nilai ilmiah (scientific recognition) dalam pencapaian status sebagai lembaga penelitian yang berkelas dunia (a world class research institution). Mencermati tuntutan tersebut, perlu reorientasi paradigma pembangunan Litbang Pertanian menuju ”Penelitian untuk Pembangunan” (Research for Development). Dengan paradigma ini, orientasi kerja Badan Litbang Pertanian adalah menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sistem kelembagaan pertanian untuk diterapkan sebagai mesin penggerak pembangunan pertanian. Untuk itu, kegiatan penelitian dan pengembangan harus berorientasi kepada kebutuhan pengguna (user oriented), tanpa mengabaikan pengembangan teknologi yang bersifat demand driving, sehingga ilmu pengetahuan, teknologi, dan sistem kelembagaan pertanian yang dihasilkan lebih tepat-guna (spesifik lokasi dan pemakai) dan futuristik. Untuk tujuan tersebut maka Puslitbangtan mengadakan rapat kordinasi evaluasi program 2012 dan perencanaan kegiatan penelitian tahun 2013, pada di Balitkabi Malang13 – 15 Desember 2012. Rakor diikuti oleh Kabid PE Puslitbangtan dan Staf, Kabi PE BB Padi dan, Ketua Program, Yantek dan staf dari Balitkabi, Balitsereal dan Lolit Tungro.

        Dr. Nyoman Widiarta dan Prof. Dr. Marwoto dalam pembukaan rapat dan foto          bersama para peserta rapat kordinasi program lingkup Puslitbangtan.

Berdasarkan hasil evaluasi Indeks Kinerja Utama (IKU) Balitkabi telah memenuhi IKU lebih dari 100%. Dr. Nyoman Widiarta yang mewakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan mengatakan bahwa tujuan dari Rapat Kordinasi ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan penelitian lingkup Puslitbangtan dari capaian yang telah dilaksanakan pada tahun 2012 dan peningkatan efektifitas pelaksanaan penelitian tahun 2013 nanti. Hasil evaluasi kegiatan penelitian 2012 lingkup Puslitbangtan: 1) Capaian serapan anggaran Puslitbangtan 86,27%, BB Padi 89,16%, Balitkabi 87,40%, Balitsereal 92,52%,dan Lolit Tungro 90,94%, rata-rata Puslitbangtan 89,94%. Diperkirakan pada akhir anggaran tahun 2012 di harapkan lebih besar dari 95%. Capaian Indeks Kinerja Utama tentang: 1) Varietas : BB Padi 180%, Balitkabi 150%, Balitsereal 100%. 2) Tekonologi : BB Padi 167%, Balitkabi 200%, Balisereal 200%, 3) Capaian Produksi Benih : BB Padi 100%, Balitkabi 100% dan Balitsereal 100%. Sistem Pengendalian Internal Guna Mewujudkan Komitmen Pencapaian Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WTP Kementerian Pertanian, penilaian WBK adalah: 1) indikator keuangan dan 2) Indikator Kinerja. Pada tahun 2012 yang mendapatkan predikat WBK dari lingkup Puslitbangtan adalah Puslitbangtan, BB Padi, dan Balitkabi. Pelaporan kegiatan penelitian tahun 2012 diharapkan di tingkat Puslitbangtan bulan April 2013, untuk tingkat BB Padi, Balitkabi, Balitsereal dan Lolit Tungro pada bulan Februari sudah harus selesai. Perencanaan kegiatan 2013 RPTP/RDHP dan ROPP mengikuti permentan 44. Kegiatan penelitian dan penetapan kinerja disusun berdasarkan pembahasan ROPP 2013, oleh karena itu pembahasan ROPP segera dilakukan di tingkat BB dan Balai.