Berita » Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian 2020-2024

Asisten Deputi KemenPANRB pada Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi Kementan 2020-2024

Asisten Deputi KemenPANRB pada Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi
Kementan 2020-2024

Reformasi birokrasi merupakan program dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yang dicanangkan sejak 5 tahun lalu melalui Permenpan No. 11 Tahun 2015. Dikarenakan Permenpan tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan hukum, maka diganti dengan Permenpan No. 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024.

Road map reformasi birokrasi tahun 2020-2024 merupakan bentuk operasional grand design reformasi birokrasi dan rencana rinci reformasi birokrasi selama 5 tahun, yaitu mulai tahun 2020 hingga tahun 2024. Strategi pelaksanaan reformasi birokrasi mencakup makro dan mezo untuk menjalankan program di kementerian/lembaga serta mikro yang mencakup program di internal instansi. Berdasarkan hal tersebut maka Kementerian Pertanian juga wajib untuk melaksanakan reformasi birokrasi. Berkaitan dengan itu, maka Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Badan Litbang Pertanian mengadakan “Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian 2020-2024” pada Rabu 17 Maret 2021. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Eselon II dan III lingkup Balitbangtan, termasuk Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., beserta Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknis dan Tim Zona Integritas.

Reformasi birokrasi mempunyai 5 prioritas kerja yaitu: pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.  Pelaksana reformasi birokrasi disebut dengan agen perubahan. Asisten Deputi (Asdep) KemenPANRB menjelaskan bahwa pimpinan harus mempunyai komitmen dalam manajemen perubahan dengan berasaskan Fokus dan Prioritas. Pimpinan Balitkabi, telah melaksanakan reformasi birokrasi melalui manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, organisasi dan tatalaksana, SDM, akuntabilitas, pengawasan dan pelayanan publik. Manajemen perubahan diawali dengan pembentukan Tim Agen Perubahan, perbaikan proses bisnis yang ada di Balitkabi serta pembentukan Tim Zona Integritas (ZI).

Ujung tombak reformasi birokrasi adalah terwujudnya Balitkabi dan seluruh Kementerian Pertanian menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

KPS

road1 road2 road3
Peserta dan materi sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi Kementan 2020-2024