Berita » Tim Puslitbangtan Membahas RPTP dan RDHP 2014

a_rptp_1

RPTP dan RDHP tahun 2014 lingkup Puslitbangtan (BB Padi, Balitkabi, Balitsereal, dan Lolit Tungro) dievaluasi di Puslitbangtan, 11–Maret 2013. Pembahasan diikuti oleh para penanggung jawab RPTP dan RDHP dari BB Padi, Balitkabi, Balitsereal dan Lolit Tungro, para Kepala BB dan Balit, Koordinator Program, Ka Yantek dari BB Padi, Balit dan Lolit Tungro. Para pembahas adalah Prof. Dr. Sumarno, Prof. Dr. Joko Damardjati, Prof. Dr. Karim Makarim, Prof. Dr. Zulkifly Zaini, Prof. Dr. Suyamto (BPTP Jawa Timur) dan Prof. Dr. Darman M Arsyad (BB2TP). Dalam sambutan tertulisnyaPlt Kepala Puslitbangtan Dr. Handewi P. Saliem mengatakan bahwa pembahasan dan evaluasi RPTP/RDHP dilaksanakan pada waktu yang tepat sesuai perencanaan Badan Litbang Pertanian.

Dr. Nyoman Widiarta Kabid PE Puslitbangtan membuka acara pembahasan RPTP/RDHP 2014 (kiri) danDirektur
Serealia dan Direktur Buakabi saat menyampaikan paparannya (kanan).

Sebelumnya dilakukan evaluasi internal oleh Tim Pakar unit kerja masing-masing. Setelah evaluasi, akan dilanjutkan dengan validasi dan entry data i-prog 12-14 Maret 2014. Sehubungan berakhirnya periode renstra 2010-2014, diharapkan masing-masing satker mengintegrasikan komponen teknologi baru baik varietas maupun komponen teknologi budidaya pra-panen dan pascapanen primer ke dalam model PTT atau usahatani terintegrasi (agribisnis) yang tidak hanya menekankan pada peningkatan produktivitas dan kelestarian lingkungan, tetapi juga peningkatan pendapatan petani. Sebelum pembahasan dan evaluasi RPTP dan RDHP dipaparkan program kegiatan dari Direktorat Serealia dan Direktorat Budi Daya Aneka Kacang dan Umbi-umbian. Direktorat memaparkan masalah-masalah yang memerlukan pemecahan melalui penelitian, sertaprogram kegiatan Direktorattahun 2014.


Para Evaluator dan peserta pembahsan dan evaluasi RPTP dan RDHP lingkup Puslitbangtan.

Tanggap kemendesakan waktu, Kepala Balitkabi Dr. M. Muchlish Adie, bersama para penanggungjawab langsungmemperbaiki RPTP/RDHP yang disarankan para evaluator, untuk memenuhi tenggat waktu bahwa pada12 Maret 2013 harus sudah masuk ke dalam E- Program Puslitbangtan untuk diajukan ke Badan Litbang Pertanian.

Prof. Marwoto/AW