Berita » Rumah Kedelai Grobogan Promosikan Kedelai Lokal

Di tengah kunjungan kerjanya di Grobogan Jawa Tengah, Kamis 9 November 2017, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Dr. Andriko Noto Susanto berkesempatan mengunjungi Rumah Kedelai Grobogan (RKG). Kunjungan didampingi oleh Ir. Bambang Sugiharto M.EngSc. selaku Direktur Perbenihan Tanaman Pangan serta peneliti Balitkabi yaitu Ir. Ruly Krisdiana, M.S. dan Dra. Suryantini. Dr. Andriko diajak berkeliling Rumah Kedelai oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinpertan TPH) Grobogan, Edhie Sudaryanto.

rkgRumah Kedelai Grobogan (RKG) di Desa Krangganharjo Kecamatan Toroh Grobogan, merupakan tempat promosi kedelai dan sarana belajar warga mengenai pertanian dan pengolahan komoditas kedelai. Di atas lahan seluas kurang lebih satu hektar, kompleks RKG menyediakan beberapa fasilitas penunjang pelatihan, seperti ruang uji daya tumbuh benih kedelai, ruang sortir kedelai, ruang pengolahan kedelai menjadi tempe dan tahu. Serta tidak kalah penting adalah keberadaan Soybean Resto, restoran yang menyajikan menu makanan/masakan berbahan tahu, tempe, dan susu kedelai.

 

Dr. Andriko nampak sangat terkesan dalam kunjungan ini, terutama saat melihat cara pembuatan tempe dan hasil produk tempe yang bagus dan bersih karena sebagian besar prosesingnya menggunakan mesin. “Selama ini masyarakat beranggapan bahwa kedelai lokal kalah dengan kedelai impor, tetapi ternyata dengan kedelai kualitas premium seperti Grobogan ini bila diolah dengan benar dapat menghasilkan tempe yang bagus dan bersih seperti ini dan tidak kalah dengan tempe berbahan kedelai impor”, ujar Dr. Andriko. Harapan Dr. Andriko, ke depan akan ada banyak tempat seperti ini di kota-kota lain di Indonesia untuk mengangkat citra kedelai lokal.

 

Srytn