Berita » Semarak Akabi di Ritech Expo 2019

SesBalitbangtan Dr. M. Prama Yufdy menerima kunjungan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla di stan pameran Balitbangtan

SesBalitbangtan Dr. M. Prama Yufdy menerima kunjungan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla di stan pameran Balitbangtan

Berada di bawah payung Balitbangtan, Balitkabi bersama dengan UK/UPT lainnya, berpartisipasi pada Ritech Expo 2019, pada 25 – 28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Bali. Kegiatan Ritech Expo merupakan agenda tahunan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang mengedepankan hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Peserta pameran adalah lembaga riset, industri, BUMN, perguruan tinggi, Balitbang Daerah, Pusat Unggulan Iptek (PUI) komunitas dan sosiasi, serta mitra luar negeri, dan sebagainya.

Ritech Expo 2019, merupakan pelaksanaan ketiga yang diselenggarakan di luar Pulau Jawa setelah sebelumnya di Makassar, Sulawesi Selatan, dan Pekanbaru, Riau. Berbagai produk riset akabi, seperti varietas akabi terbaru, berbagai produk olahan, dan beberapa ubi potensial (seperti ganyong, garut) dipamerkan pada Ritech Expo 2019.

Ekpose produk riset Balitbangtan banyak mendapatkan kunjungan kelompok pelajar sekolah dasar hingga perguruan tinggi, guru, petani, masyarakat umum, pejabat dinas daerah lingkup provinsi Bali dan media cetak lokal (Tribun Bali) hingga penutupan tanggal 28 Agustus 2019. Peragaan contoh benih dari beberapa varietas aneka kacang ternyata memberikan informasi baru kepada pengunjung. Terlebih yang sangat menarik adalah ubi potensial yang ternyata belum banyak dikenal, bahkan potensinya untuk berbagai olahan menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung pameran dibuat terpesona oleh olahan produk berbasis akabi seperti : Sweet Potato Stick dari ubi jalar ungu, Canana Coffee dari tepung ganyong, Bola-Bola Cassava dari tepung ubi kayu, Sweet Potato Choco Chips dari tepung ubi jalar, lidah kucing dari tepung ubi kayu, mie ubi jalar ungu, semprit dari tepung umbi garut, dan tiwul instan dari olahan singkong dan tepung kacang hijau. Benar-benar memberikan science experience bagi pengunjung..

Wakil Presiden RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, bersama Menristekdikti, berkenan mengunjungi stan pameran Balitbangtan dan diterima oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc, serta didampingi oleh beberapa peneliti saat menutup secara resmi Ritech Expo pada 28 Agustus 2019. Pesan singkatnya adalah lanjutkan. Kata lanjutkan bermakna untuk terus berinovasi, terus melakukan riset untuk mendapatkan inovasi yang bernilai lebih, memberikan nilai eknomi kepada pengguna. Tantangan bagi peneliti.

Harapan dari terselenggaranya pameran ini adalah menghadirkan science experience bagi stakeholder maupun pengunjung, mendorong terjadinya transfer knowledge baik antar peserta maupun peserta dengan pengunjung, menjadi parameter perkembangan produk-produk inovasi terkini, mendorong proses komersialisasi inovasi, dan mendukung diseminasi inovasi di bidang industri kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Semoga Terwujud.

Stand pameran dari Balitkabi (kiri), Info guide pakar Balitbangtan (kanan)

Stand pameran dari Balitkabi (kiri), Info guide pakar Balitbangtan (kanan)

Suasana pemeran di stan Balitbangtan

Suasana pemeran di stan Balitbangtan

MMA/BSK/IRA