Berita ยป Semarak IP2TP Muneng Menyambut GITA 2021

Diskusi kesiapan GITA 2021 bersama jajaran Pemkab Probolinggo

Diskusi kesiapan GITA 2021 bersama jajaran Pemkab Probolinggo

Gelar Inovasi Tanaman Akabi (GITA 2021) yang acara puncaknya akan dilakukan pada tanggal 24 Juni 2021 di IP2TP Muneng Probolinggo, merupakan upaya memperderas hilirisasi hasil-hasil inotek Balitbangtan. Konsep yang diusung pada GITA 2021 adalah hulu-hilir. Peragaan inotek di lapang berupa gelar VUB aneka kacang dan umbi (akabi) yang telah termanfaatkan oleh pengguna (industri, ekspor, atau lisensi).

Sembilan hari menuju GITA 2021, keragaan tanaman di lapang dalam kondisi bagus. Kedelai hitam Detam 1, yang telah digunakan industri kecap Kipas Sate yang juga telah memasuki ekspor ke Belanda dan Australia, berada dalam fase pengisian polong penuh. Varietas kacang tanah Litbang Garuda 5, yang telah digunakan sebagai bahan baku perusahaan Garuda Food, memperlihatkan pertumbuhan yang optimal dan juga telah memasuki pengisian polong penuh. Beragam varietas kacang hijau yang telah dilisensi oleh beberapa perusahaan, diantaranya CV. Semi, memperlihatkan pertumbuhan yang sangat bagus. Varietas ubijalar Beta 2 dan Antin 2 yang tidak hanya digunakan sebagai bahan baku industri camilan, umbinya juga telah merambah pasar ekspor, diantaranya ke Cina. Tentu peragaan VUB akabi yang lain, termasuk beragam kacang potensial, seperti kacang tunggak dan koro benguk juga diperagakan di lapang.

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan GITA 2021, Selasa 15 Juni 2021, dilakukan observasi bersama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Probolinggo, termasuk dari Protokol Bupati, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan tidak ketinggalan adalah jajaran Muspika Sumberasih (Camat, Kapolsek, Danramil). Untuk mengoptimalkan pelaksanaan GITA 2021, termasuk prokes terhadap Covid-19, banyak disarankan oleh Pemkab Probolinggo.

GITA 2021, potret nyata hulu-hilir komoditas aneka kacang dan umbi.

MMA/BSK/SAR

gita1 gita3 gita4
Kantor IP2TP Muneng
gita5 gita6 gita7
Peragaan teknologi di lapang
gita8 gita9 git10
Penyiapan kunjungan saat GITA 2021 oleh Pemkab Probolinggo