Berita » Seminar Nasional SDG 2021

Seminar Nasional SDG bertema “Peran Bioteknologi dan SDG dalam Mendukung Pertanian Maju Mandiri Modern”, dilaksanakan 15 September 2021. Komisi Nasional Sumber Daya Genetik (Komnas SDG) menjadi tuan rumah acara tersebut.

Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. menyampaikan bahwa sumber daya genetik (SDG) Indonesia apa pun jenisnya, perlu dukungan bioteknologi untuk optimalisasi pemanfaatannya. Harapan dari terlaksananya acara ini adalah dihasilkannya rekomendasi untuk implementasi bioteknologi dalam optimalisasi SDG Indonesia. Peneliti Balitkabi menghadiri acara tersebut secara online.

berita-210825-seminarsdg-a

Seminar Nasional SDG menghadirkan tiga pembicara utama, yaitu, Dr. Wiguna dengan topik kerabat liar tanaman budidaya (Crop Wild Relatives); Dr. Ika Roostika Tambunan, S.P., M.Si. dengan topik bioteknologi sebagai solusi dalam menjawab isu penting terkait SDG Pertanian (SDGP); serta Prof. Dr. Ir. Sugiono Moeljopawiro, M.Sc. dengan topik manfaat perlindungan indikasi geografis.

berita-210825-seminarsdg-b

Ketiga topik tersebut mendukung tiga dari lima tujuan penyelenggaraan Kongres Nasional Komisi Nasional SDG VIII yang telah dilaksanakan tanggal 14 September 2021, yaitu:

  1. Mendorong pengarusutamaan pengelolaan SDGP mandiri oleh masyarakat dalam bentuk penghargaan Petani Pelestari (GR–CustoDior)
  2. Mendorong petani muda dalam sektor pertanian modern dalam acara pemberian penghargaan Petani Milenial (Millenial ConserPreneur)
  3. Memberikan dorongan pengusaha besar dalam pemanfaatan SDG lokal agar mempunyai nilai tambah untuk ekspor produk olahan

PHP