Berita » Sepuluh Makalah Balitkabi dipresentasikan di Semnas UPN DIY

semnas-upn-1

Sebanyak 13 peneliti Balitkabi menghadiri Seminar Nasional yang diadakan oleh Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Seminar sehari bertema “Peran Teknologi untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Peningkatan Perekonomian Bangsa” diselenggarakan pada 13 November 2012 di Gedung Nyi Ageng Serang UPN “Veteran” Yogyakarta. Hasil seminar diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan pangan khususnya teknologi dalam mewujudkan kedaulatan pangan yang lebih stabil dan berdampak pada perekonomian bangsa Indonesia.

Peneliti Balitkabi memberikan kontribusi 10 makalah yang dipresentasikan secara oral pada seminar tersebut. Sebagai pembicara kunci adalah Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Kementan RI), Bupati Kaur Propinsi Bengkulu, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi DIY.

Udhoro Kasih Anggoro, MS, Dirjen Tanaman Pangan, sebagai pembicara kunci

Isu yang menarik dalam seminar tersebut adalah Indonesia merupakan salah satu ‘basis strategis’, baik sebagai basis produksi kebutuhan maupun sebagai basis perdagangan (pasar) produk-produk. Jika kita tidak mampu mengelola sumber daya alam dimaksud, maka kita hanya sebagai pelengkap, bukan bagian yang dominan dari globalisasi perdagangan.

Hadir dalam seminar tersebut selain dari civitas akademika seperti UPN, UGM, Unpad, UNS, UB, UNSOED dan Instiper juga daeri institusi penelitian seperti BPTP Jawa dan Luar Jawa, Balitkabi, Balittanah, Praktisi dan mahasiswa.


Diskusi oleh Pemakalah pada sesi diskusi