Berita » Siapkan Peneliti Unggul: FKPR lakukan Pendampingan Kandidat Profesor Riset

Pemaparan naskah orasi oleh Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S.

Pemaparan naskah orasi oleh Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus memperkuat dan menyiapkan para penelitinya untuk berkiprah menjadi peneliti unggul dan profesional.  Keberadaan FKPR, yakni Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Balitbangtan, tidak hanya menjadi wadah komunikasi dan silaturahmi para Profesor Riset lingkup Balitbangtan, namun juga secara periodik melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap kandidat Profesor Riset.

Pada tanggal 9 Februari 2021, FKPR mengadakan “Workshop Pendampingan Kandidat Profesor Riset”. Acara yang dilakukan secara daring, diikuti oleh para kandidat calon profesor lingkup Balitbangtan. Salah satu kandidat Profesor Riset dari Balitkabi, yakni Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S., mengikuti workshop tersebut. Dr.  Yuliantoro telah malang melintang di dunia penelitian hingga mengantarkannya menduduki jabatan sebagai Peneliti Ahli Utama (PAU). Kekhususan penelitian yang ditekuninya adalah bidang hama dan penyakit tanaman.

Pada workshop FKPR tersebut, Dr. Yuliantoro  memaparkan draft naskah orasi dengan judul “Teknologi Inovatif Pengendalian Penyakit Virus Utama Tanaman Kedelai yang Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Produksi Nasional”. Sebagai informasi, sebanyak 47 KTI terpublikasi terkait dengan topik yang diajukan, dari lebih dari 100 KTI yang telah dipublikasikan selama beliau berkiprah sebagai peneliti.  Selanjutnya pada breakout room dilakukan pembahasan draft naskah orasi oleh: Prof. (Riset). Dr. Ir. Achmad Suryana, M.S., Prof. (Riset). Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc., Prof. (Riset). Dr. Ir. Irsal Las, M.S., Prof. (Riset). Dr. Ir. Suyamto Hardjosuwirjo, M.S., Prof. (Riset). Dr. Bahagiawati A.H, M.Sc., Dr. Markus Anda, M.Sc., Prof. (Riset). Dr. Ir. Sukarman, M.S., Prof. (Riset). Dr. I. Nyoman Widiarta, M.Agr., dan diketuai oleh Prof. (Riset). Dr. Ir. Tahlim Sudaryanto, M.S. Melalui pendampingan ini, diharapkan para kandidat Profesor Riset lebih memahami tata cara penyusunan naskah sehingga naskah orasi dapat disiapkan sebaik mungkin.

AbiS

Pembahasan oleh Prof. (Riset). Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc.

Pembahasan oleh Prof. (Riset). Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc.