Berita » Silaturahmi Auditor ISO 9001:2008 menuju Pelayanan Prima

lawu_edt_2

Berdasarkan hasil pantauan sertifikasi sebelumnya, pelaksanaan manajemen di lingkungan Badan Litbang Pertanian kurang maksimal terhadap persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Oleh karena itu, dilakukan pembenahan Sistem Manajemen Mutu dalam rangka Resertifikasi ISO 9001:2008 untuk merespon perubahan-perubahan lingkungan organisasi dan tuntutan pelanggan serta pelayanan publik yang lebih baik. Untuk itu pada tanggal 21 Juni 2013, PT Mutu Agung Lestari mengadakan Kegiatan “Client Gathering” yang dilaksanakan di Auditorium Ismunadji Balai Besar Biogen Bogor. Client Gathering bertujuan untuk: 1) silaturahmi para Auditor, 2) mengetahui kendala lapang yang sering dialami dan solusi pemecahan masalah, 3) memberikan motivasi pelaksanaan SMM ISO 9001:2008. Materi yang diberikan antara lain adalah pemahaman tentang ISO 9001:2008, dan Motivasi dalam pelaksanaan SMM ISO 9001:2008 yang disampaikan oleh Tim ISO dari PT Mutu Agung Lestari.
Kegiatan yang diikuti peserta dari seluruh unit kerja (UK) dan unit pelaksana teknis (UPT) lingkup Badan Litbang Pertanian ini dibuka oleh Dr. Ir Karden Mulya, MS, Kepala BB Biogen, mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian. Dr Karden menyampaikan bahwa penerapan ISO 9001:2008 empat tahun kemarin diibaratkan masih dalam tahap mengenal ISO, namun pada tahap selanjutnya sudah harus melangkah pada penerapan ISO 9001:2008 sebagai bagian untuk pelayanan prima dari seluruh UK/UPT Badan Litbang Pertanian. Dalam Era Reformasi Birokrasi, Dinamika Tata Kelola Pemerintahan menuntut pembenahan dan trasformasi sistem manajemen yang mampu menjalankan fungsinya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Balitkabi mengirimkan Ir Lawu Joko Santoso. Badan Litbang Pertanian sebagai lembaga/Organisasi yang bergerak di Bidang Penelitian sedang menuju To be the World Class. SMM ISO 9001:2008 di Badan Litbang Pertanian sudah dimulai sejak tahun 2010 dan hingga saat ini sudah diterapkan di 60 unit UK/UPT. Melalui SMM ISO 9001:2008 Badan Litbang pertanian terus berupaya meningkatkan kinerja pelayanan publik hingga tercapainya Citra Pelayanan Prima. Citra Pelayanan Prima merupakan apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah kepada lembaga/organisasi yang transparan, efektif, dan efisien berdasar Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Foto kegiatan “Client Gathering” Auditor Badan Litbang Pertanian oleh PT Mutu Agung Lestari, Bogor 21 Juni 2013.

Lawu/AW