Berita ยป Sinergikan Program Penelitian, Balitkabi Studi Banding ke BB Padi

bbpadi1

Tim Balitkabi yang terdiri dari Dr. Yuliantoro Baliadi, Prof. Dr. I Made Jana Mejaya yang juga mantan Ka. BB Padi (2011-2015), Ir. Joko Susilo Utomo MSc., Ph.D., Ka.Yantek Dr. Rudi Iswanto, Ka.Jaslit B.S. Koencoro SP., M.Kom., Sie Evaluasi dan Pemulia kedelai Dr. Titik Sundari, Koordinator IP2TP Muneng Purwantoro SP., dan peneliti bidang Sosek Siti Mutmaidah SP telah melakukan studi banding ke BB Padi (21/03/19). Kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk mensinergikan program penelitian guna mendukung program Kementerian Pertanian, pengelolaan Taman Sains Pertanian (TSP) dan upaya memahami dan menterjemahkan program dan kebijakan Balitbangtan-Kementan khususnya di komoditas pangan, Balitkabi dengan mandat Akabi fokus di 5 komoditas: kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar hadir di BB Padi untuk melihat langsung pelaksanaan penelitian perakitan varietas, teknologi sistem produksi, dan produksi benih sumber padi.

Rombongan Balitkabi diterima langsung Kepala BB. Padi Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si. Dalam forum diskusi Bapak Dr. Yuliantoro Baliadi selaku Kepala Balitkabi menyampaikan maksud dan tujuannya ke BB Padi, yaitu ingin mensinergikan program penelitian, mendapatkan informasi terkini baik mengenai penelitian, pengelolaan UPBS, maupun kerjasama, serta rencana Balitkabi untuk mengadakan Pekan Kabi Nasional (PKN) 2019 di IP2TP. Muneng, Kab. Probolinggo. Untuk rencana PKN tersebut Yuliantoro meminta BB Padi untuk berperan serta dalam menampilkan VUB padi terbaru.

bbpadi
Dalam sambutannya Kepala BB Padi menyampaikan tentang program penelitian jangka pendek di BB Padi, kegiatan produksi benih oleh Manajer UPBS, kegiatan penelitian pemuliaan oleh Dr. Satoto dan sosial ekonomi oleh ketua kelti sosial ekonomi, serta kerjasama yang dilakukan oleh BB Padi. Dr. Supriyanto selaku Kabid KSPHP menyambut baik rencana Balitkabi untuk mengadakan PKN 2019, dan BB Padi dengan senang hati akan berperan dalam PKN dengan menampilkan beberapa VUB sebagai bentuk diseminasi. Wujud dari keseriusan BB Padi dalam mendukung kegiatan PKN tersebut, UPBS dan Kabid KSPHP langsung menyediakan benih beberapa VUB padi untuk dibawa dan ditanam di area PKN.

Diskusi berkembang meliputi hampir seluruh aspek kegiatan manajemen, penelitian dan diseminasi padi. Priatna mengawali cerita tentang Taman Sain Teknologi Pertanian Padi, yang menarik bagi Balitkabi untuk siasati peluang Renstra 2020-2024. Hulu-hilir padi, bioindustri, inotek unggul berdaya saing, terobos stunting dengan padi kaya Zn, inkubator bisnis sebagai daya tarik wirausahawan muda, pengusaha dan kawalan pakar padi. Pemulia senior dan juga Pakar Padi Hibrida Dr. Satoto memaparkan ketajaman strategi dan terobosan penciptaan varietas berbasis sifat kekhususan. Ketajaman analisis kebijakan padi untuk akselerasi daya guna inotek oleh Ir. Ade Ruskandar MS, peran serta swasta dalam mengatasi masalah ketersediaan benih padi dan naik turunnya dominansi satu varietas diulas langsung bersama Direktur UPBS padi Ir. Sri Wahyuni MS. Peran serta, integrasi, kolaborasi, harmonisasi, padu padan inotek padi dan akabi dalam satu wadah diseminasi bersama dan bisa ditampilkan di masing-masing lahan IP2TP merupakan satu ikatan yg digarisbawahi Kabid. KSPHP Dr. Suprihanto dan Ka.bag TU Ir. Prayitno MSc.

bbpadi2

Pada pertemuan ini kedua belah pihak menginisiasi kerjasama untuk diseminasi inotek yang telah dihasilkan dengan saling memanfaatkan lahan di masing-masing IP2TP sebagai arena diseminasi yang dihasilkan oleh masing-masing institusi (Balitkabi dan BB Padi) dalam rangka diseminasi inotek yang telah dihasilkan.

Acara diakhiri dengan berkeliling kebun untuk melihat kegiatan penelitian yang sedang dilakukan di BB Padi dan melihat infra struktur kegiatan yang mendukung TSP (padi-sapi).

YBD/SMD/TS