Berita ยป Web Balitkabi Meraih Peringkat Kedua

web_juara_1

Kerja keras dan kerja ikhlas pengelola Web Balitkabi, yang dikomandani oleh Dr. Eriyanto Yusnawan dan didukung oleh karyawan dan karyawati Balitkabi, membuahkan sukses, meraih Peringkat Dua pada Kategori B Pemeringkatan Situs lingkup Badan Litbang Pertanian. Peringkat Pertama diraihBalai Penelitian Tanah, dan Peringkat Ketiganya adalah Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. Pada Kategori A, peringkatnya adalah (1) Puslitbang Peternakan, (2) Puslitbang Perkebunan dan (3) BPTP DIY.

Pemeringkatan pengelolaan informasi inovasi teknologi pertanian melalui Web lingkup Badan Litbang Pertanian, didasarkan Keputusan Kepala Badan Litbang Pertanian No. 275/Kpts/HM.120/11/2012 tanggal 14 November 2012. Tim Juri Pemeringkatan bersifat independen dan kompeten di bidang TI, berasal dari luar Badan Litbang Pertanian. Mereka adalahIr. Herry Abdul Aziz, M. Eng. Direktur e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Moch. Arief, SP. MM., dari Pinpoint Research & Database, Yudho Giri Sucahyo, MKom, PhD., Lab. IT Governance Universitas Indonesia, dan Aryo Wicaksono, SKom, MM, dari Pusdatin, Sekretariat Jenderal Kemtan.

Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Haryono M.Sc, sebelum acara penutupan Raker I Badan Litbang Pertanian di Jakarta, 20 Januari 2013.

Diawali oleh rasa geregetan Kepala Balitkabi, Dr. Muchlish Adie, atas pengelolaan Web Balitkabi dan ketidakpedulian karyawan karyawati, maka pada awal 2012 langsung dilakukan gertakan dengan menargetkan tayang berita tiap hari, seminar 24 kali/tahun, tayang inovasi teknologi 24 kali/tahun, masih belum cukup, ditambah target minimal 1 berita kabi per bulan ditayangkan di Situs Web Badan Litbang Pertanian. Langkah pasti, target tersebut direspons secara ikhlas oleh jajaran Balitkabi, termasuk pengelola web berubah baju kinerjanya. Untuk menggiring, menampung, danmempercepat arus pengiriman materi untuk web dibuatkan alamat email tersendiri yaitu e4webkabi@gmail.com. Hasilnya terlihat nyata. Selama tahun 2012, tayang berita meningkat tajam, seminar, dan tayang inovasi teknologi terpenuhi, bahkan lebih dari yang ditargetkan oleh KaBalai. Para Peneliti Balitkabi pun menyikapinya dengan langkah positif. Buktinya selama tahun 2012 total konstribusi peneliti Balitkabi pada tayangan Web Badan Litbang berjumlah 30 berita, artinya lebih dari 2 berita kabi/bulan.


Kunci sukses performa Web Balitkabi, tidak terlepas dari komitmen pengelola web. Selalu cekatan dan sigap memotret aktivitas menjadi bahan web Balitkabi. Dari sisi konten berita, tidak diragukan kompetensi Ir. Achmad Winarto, yang memang andal mengulas dan mengedit berita. Kekompakan dan kerjasama memang menjadi kunci keberhasilannya. Kerja keras dan terobosan tetap perlu ditingkatkan.

Selamat kepada Balitkabi!