Berita » SLPTT Kedelai di Wonogiri Potensial Tingkatkan Produksi Kedelai

1-agust-3

Introduksi varietas kedelai Kaba, Grobogan, Argomulyo disertai teknik budidaya kedelai spesifik lokasi membawa angin segar bagi Pak Katino dan Kelompok Tani Desa Pulutan, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri. Bagi Pak Katino dan kelompoknya semuanya menjadi serba baru. Varietas kedelainya baru, praktik budidayanya juga baru. Teknologi baru tersebut memberikan hasil yang baik. Pertumbuhan tanaman baik, polong yang terbentuk per tanaman dapat mencapai 40–50 polong dan polongnya nampak segar. Hasil kedelai dari tanaman ini diperkirakan mencapai 1,7 – 2,0 t/ha.

Ibu Ir. Karyaningsih, staf BPTP Jawa tengah yang menjadi pendamping SLPTT menjelaskan bahwa benih demonstrasi varietas kedelai ini berasal dari Balitkabi, ditanam pada luasan 4 ha, melibatkan 15 petani. Seminggu yang lalu bapak Bupati Kabupaten Wonogiri berkenan berkunjung dan berdialog bersama petani, penyuluh dan Dinas Pertanian.  Bapak Bupati tekankan bahwa sesungguhnya menanam kedelai sesuai anjuran dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil kedelai. Harapan Beliau, Wonogiri bisa menjadi salah satu sentra produksi kedelai di Jawa Tengah.

Di hadapan para petani dan penyuluh di Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, pendamping SLPTT kedelai dari Balitkabi menjelaskan beberapa hama dan penyakit yang menyerang dan cara pengendaliannya.  Kondisi pertanaman kedelai yang diusahakan oleh petani di Desa Pulutan Wetan mengalami kekurangan air pada musim tanam ketiga, juga mengalami kahat kalium, dan ancaman hama kumbang daun Phaedonia inclusa, penghisap daun jenis Empoasca spp dan ulat grayak Spodoptera. Keluhan para penyuluh lapang pertanian di Kecamatan Wuryantoro salah satunya adalah informasi teknologi budidaya tanaman pangan terutama jenis-jenis varietas.  Berkaitan dengan itu, salah satu pendamping SLPTT dari Balitkabi berjanji akan mengirimkan beberapa publikasi Balitkabi kepada penyuluh pertanian di Kecamatan Wuryantoro.

Pendamping SLPTT dari Balitkabi menjelaskan hama dan penyakit yang menyerang kedelai dan paguyuban petani, penyuluh, pendamping SLPTT kedelai BPTP Jawa Tengah dan Pendamping Balitkabi.


Gejala serangan dan hama kumbang hitam  Phaedonia inclusa yang menyerang polong kedelai.