Berita » Soropadan Agro Expo 2019, Ajang Unjuk Gigi Produk Pertanian

soro

Gubernur Jawa Tengah (H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP) resmi membuka Soropadan Agro Expo (SAE) ke-9 yang diadakan di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Soropadan, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (4/7/2019). Acara ini diikuti sedikitnya 120 stand dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah, Kementerian Pertanian, BUMN, Swasta, serta instansi terkait lainnya. Hadir bersama Gubernur Jateng, menteri pertanian yang diwakili oleh Dirjen Hortikultura, Duta Besar negara sahabat (Malaysia, Chile, Mesir, Maroko, Rumania, Croasia, Malarus, Bosnia dll.), Ketua dan Anggota DPRD, Bupati dan Walikota, Forkompinda, serta tamu undangan lainnya.

Acara SAE dimulai dengan panen bersama buah melon, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan lomba oleh Gubernur Jawa Tengah. Pemprov Jateng memberikan apresiasi terhadap petani, gapoktan, penyuluh, kelembagaan, termasuk kepada kabupaten yang sukses mengimplementasikan program-program pemerintah. Salah satu program yang mendapat perhatian adalah UPSUS Pajale, dimana Kab. Kendal, Grobogan, dan Banyumas terpilih sebagai penyelenggara UPSUS Kedelai berprestasi se-Jawa Tengah. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan, launching agrojowo, dan kunjungan ke stand-stand pameran.

Dalam sambutannya, Ganjar mengajak petani Jawa Tengah untuk meningkatkan hilirisasi produk yang dihasilkan dengan berdagang melintas negara. “Ayo ekspor, SAE merupakan meeting point, tempat petani dan pembeli potensial bertemu untuk saling berbagi, dan berdagang” ujar Gubernur Jateng itu. Tidak hanya di hilir saja, namun pada bagian hulu pemprov Jateng juga berupaya memberikan pelatihan untuk memaksimalkan hasil pertanian. “Selamat memamerkan produk, berdaganglah agar petani makmur” Ganjar menutup sambutannya. Dalam kesempatan tersebut, layanan berbasis digital yang bertujuan mempromosikan produk pertanian Jawa Tengah yaitu Agrojowo, juga diresmikan. Untuk cakupan lebih luas, Kementan juga telah memiliki aplikasi i-MACE (Indonesian Maps of Agricultural Commodities Export), untuk mengetahui seluruh potensi-potensi pertanian Indonesia berdaya ekspor.

Gambar 1. Launching aplikasi agrojowo oleh Ganjar Pranowo (kiri) dan pemukulan kentongan tanda dimulainya SAE 2019 oleh Suwandi (kanan)

Gambar 1. Launching aplikasi agrojowo oleh Ganjar Pranowo (kiri) dan pemukulan kentongan tanda dimulainya SAE 2019 oleh Suwandi (kanan)

Dirjen Hortikultura (Dr. Ir. Suwandi, M.Si) mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya SAE ke-9. Dalam arahannya, Suwandi menekankan pentingnya mencintai produk dalam negeri, khususnya pangan lokal serta membangun korporasi petani berbadan hukum melalui gapoktan maupun koperasi. “Kebijakan pusat (Kementan) dan daerah sudah sejalan, mari kita gelorakan ekspor pertanian lokal”, serunya. Kementan mendukung aplikasi agrojowo dengan menghubungkan (link) 22 startup bidang pertanian. Kami juga telah berupaya untuk mempercepat proses perijinan ekspor, untuk komoditas hortikultura dan perkebunan yang semula memakan waktu hingga 300 jam, kini dipangkas menjadi 3 jam. Istimewanya lagi, proses perijinan dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus ke Jakarta karena telah menerapkan sistem digitalisasi (online).

Gambar 2. Antusiasme pengunjung di stand Balitkabi pada SAE 2019

Gambar 2. Antusiasme pengunjung di stand Balitkabi pada SAE 2019

Balitbang pertanian menghadirkan Rumah Joglo Balitbangtan yang didalamnya terdapat stand BPTP Jawa Tengah, Balitkabi, Balittas, BPTP Yogyakarta, Balingtan, Balitjestro, dan Balithi dengan menampilkan hasil inovasi penelitian, diantaranya varietas unggul, teknik budidaya, alat dan mesin pertanian, serta produk olahan unggulan. Balitkabi menampilkan berbagai varietas unggul yang dilengkapi dengan publikasi teknik budidaya kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar dan ubi kayu. Disamping itu, aneka kacang dan umbi potensial serta berbagai produk olahan berbahan baku ubi-ubian seperti stick cassava, sweetpotato stick dan DC kress yang dibuat dari pasta mbote (Colocasia esculenta) ikut dipamerkan pada ajang tersebut.

RTH