Berita ยป Sosialisasi Aplikasi SAKTI

Tim pengelola keuangan Balitkabi yang dipimpin oleh PPK, Ir. Lawu Joko Santoso, mengikuti sosialisasi Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) Kementerian Keuangan yang dimulai pada hari Senin, 30 Agustus 2021. Sosialisasi dilakukan secara daring melalui telekonferensi dengan narasumber dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang. Sosialisasi dilakukan untuk mempersiapkan transisi seluruh Satker Kementerian Negara/Lembaga dalam menggunakan aplikasi SAKTI pada tahun 2022.

berita-210907-sossas-a

KPPN disini bertanggung jawab atas pelaksanaan training End User Training (EUT) SAKTI. Sebanyak 151 satker mitra kerja KPPN mengikuti pelatihan ini. Training dilaksanakan dalam beberapa tahap dalam waktu 2 (dua) minggu dengan jadwal minggu pertama untuk materi Kelompok Modul Pelaksanaan dan minggu kedua untuk Kelompok Modul Pelaporan.

SAKTI merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan satker saat ini. Selain menggabungkan aplikasi yang dulu terpisah, juga mengadopsi proses bisnis yang baru yang sesuai dengan proses bisnis yang dianut oleh SPAN (Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara). Beberapa keunggulan SAKTI antara lain database terintegrasi, kemudahan akses komunikasi, pengoperasian yang mudah, keamanan data dan cukup satu kali input data, maka terintegrasi dengan keseluruhan modul terkait.

Tim pengelola keuangan Balitkabi mengikuti sosialisasi Aplikasi SAKTI

Tim pengelola keuangan Balitkabi mengikuti sosialisasi Aplikasi SAKTI

Materi dari Modul Pelaksanaan yang dipaparkan pada minggu pertama mencakup modul Komitmen, Modul Pembayaran, dan Modul Bendahara. Output dari kegiatan ini antara lain kesiapan semua user yang mengoperasikan modul-modul tersebut demi mendukung kelancaran operasional SAKTI yang akan dimulai pada Januari 2022.

ELY/YES