Berita » Sosialisasi Awali Kegiatan Bio-Detas di Lampung

ramanPengembangan Teknologi Budi Daya Kedelai dengan Pupuk dan Pestisida Hayati pada Sawah Tadah Hujan (Bio-Detas) tahun 2018 dilaksanakan di dua provinsi yaitu Nusa Tenggara Barat dan Lampung. Sosialisasi kegiatan kepada kelompok tani kooperator di Provinsi Lampung telah diselenggarakan pada Selasa, 10 April 2018.

Sosialisasi dihadiri oleh anggota kelompok tani, penyuluh pendamping (PPL), perwakilan petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan), dan CV Ramayana selaku mitra pemasaran benih kedelai. Kegiatan Bio-Detas disambut baik oleh dua kelompok tani di wilayah Desa Rejobinangun, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Tengah. Petani kooperator yang bergabung dalam kegiatan ini sekitar 30 orang dengan total luas lahan kurang lebih 40 ha.

Cipto Prahoro, perwakilan dari Balitkabi, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, keperluan akan benih, saprodi, dan biaya tanam akan dipenuhi oleh Balitkabi sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah. CV Ramayana, sebagai mitra pemasaran hasil panen pun telah berkomitmen akan menyerap seluruh hasil panen, baik berupa benih maupun kedelai konsumsi.

Ketut Mudeta selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) menghimbau anggota kelompok tani untuk serius dalam menyukseskan kegiatan ini, karena hasil yang baik akan diperoleh dengan usaha yang baik pula. Salah satu anggota kelompok tani yaitu Nyoman Mawi menyatakan siap melaksanakan kegiatan Bio-Detas dan memulai semua dengan niat sukses.

Petani di wilayah Rejobinangun telah diedukasi untuk menggunakan pestisida secara bijak. Hal ini sesuai dengan misi kegiatan Bio-Detas yaitu penggunaan pupuk dan pestisida hayati agar ramah lingkungan. Petani yang cerdas dan bersemangat membawa angin sejuk dan harapan besar untuk kesuksesan kegiatan Bio-Detas di Provinsi Lampung.

raman1PHP