Berita » Sosialisasi ISO dan Pelatihan Audit Internal Bagi Karyawan Balitkabi

ISO dinilai penting untuk meningkatkan kinerja organisasi, peningkatan kepuasan layanan konsumen, dan peningkatan kompetensi dan kompetisi di tingkat nasional dan global. Balitkabi telah mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) berbasis ISO 9001:2008. Selain Balai dan UPBS, Laboratorium Pengujian Kimia Tanah, Lab Kimia Pangan, dan Lab Uji Mutu Benih pun telah terakreditasi berdasarkan ISO 17025:2005. SMM selalu ditingkatkan efisiensi dan efektivitasnya untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Untuk menjaga keberlangsungan pelayanan dan kinerja Balai, seluruh karyawan harus paham tentang ISO dan selanjutnya menerapkannya di bidang masing-masing. Untuk itulah, Tim SDM Balitkabi mengadakan sosialisasi ISO dan pelatihan audit internal bagi seluruh karyawan Balitkabi. Sosialisasi dengan nara sumber utama Dr. Achmad Hidayat, M.Sc., digelar di Aula Balitkabi (4-7/3).
Saat menyampaikan arahan, pada pembukaan, Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo, mengharapkan semua karyawan menjadi paham akan SMM ISO 9001:2008, ISO 17025:2005, dan ISO 19011:2011, sehingga mampu menerapkan di semua bidang masing-masing. Di samping itu, sosialisasi juga bertujuan memilih personil audit internal yang berkompeten di Balitkabi untuk mengaudit proses pelaksanaan ISO di semua bidang menuju pencapaian visi dan misi Balai. “Selamat mengikuti pelatihan audit internal dengan sungguh-sungguh”, himbau pak Didik.Dr Hidayat menjelaskan SMM perlu dipahami dan diterapkan karena dalam jangka panjang akan diperoleh keuntungan dalam penghematan biaya, pelaksanaan pekerjaan akan lebih mudah dan praktis, karyawan akan lebih peduli dan bertanggungjawab penuh terhadap bidang kerja masing-masing, dan juga peringkat lembaga akan berstandar internasional.
Penjelasan umum lengkap dan terinci tiap elemen disampaikan oleh Dr Hidayat, disertai diskusi baik di tengah penjelasan ataupun pascapenjelasan. Harapan beliau, personil audit internal mampu merencanakan dan mengimplementasikan program audit internal, mempersiapkan, dan melaksanakan audit internal, serta melaporkan hasil audit internal. Selain itu personil audit juga paham akan permasalahan dan dapat melakukan tindakan koreksi atau tindakan perbaikan, serta mencegah keterulangan ketidaksesuaian atas temuan audit internal untuk perbaikan berkelanjutan.NURCH/AW