Berita ยป Sosialisasi Modul Pengembalian PNBP

Tim Pengelola Keuangan Balitkabi kembali mengikuti workshop bertema keuangan, yaitu Launching Implementasi dan Bimtek Modul MP (Maksimal Pencairan) PNBP pada 16 September 2021. Bimtek dilaksanakan secara daring oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan dan diikuti oleh seluruh satker yang berada di seluruh Kementerian / Lembaga.

Pemaparan dari Kepala Seksi Pelaksanaan Anggaran I C

Pemaparan dari Kepala Seksi Pelaksanaan Anggaran I C

Tim keuangan Balitkabi diwakili oleh Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, dan Operator SPM. Bertindak sebagai narasumber adalah Arie Suwandani Wiwit Warastuti selaku Kepala Subdit Pelaksanaan Anggaran, dan Untara selaku Kepala Seksi Pelaksanaan Anggaran I C dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Pemaparan dari Kepala Subdit Pelaksanaan Anggaran I

Pemaparan dari Kepala Subdit Pelaksanaan Anggaran I

Dalam sambutannya, Arie Suwandani menyampaikan tujuan dibuatnya modul MP PNBP, yaitu terutama untuk mempercepat proses realisasi belanja kegiatan APBN yang bersumber dari PNBP. Untara, sebagai narasumber kedua, menyampaikan pentingnya modul MP PNBP ini bagi satker Kementerian / Lembaga agar dapat mengajukan pengembalian atau pencairan PNBP di awal Tahun Anggaran (TA) tanpa harus menunggu tercapainya target setoran PNBP dengan mengikuti syarat dan ketentuan berlaku.

Peserta Zoom Launching Implementasi dan Bimtek Modul MP PNBP

Peserta Zoom Launching Implementasi dan Bimtek Modul MP PNBP

Materi bimtek lainnya adalah Sosialisasi Juknis Penetapan MP PNBP, Pengantar Aplikasi MP PNBP, dan Pelatihan Aplikasi MP PNBP. Diharapkan dengan modul MP PNBP ini, semua satker Kementerian/Lembaga lebih mudah melaksanakan percepatan realisasi belanja APBN dari sumber PNBP, dimana akan mulai diterapkan pada TA 2022.

YES/ELY