Berita ยป Sosialisasi Penanganan Pasca Terkonfirmasi Covid-19

Arahan Kepala Balitkabi pada Sosialisasi Penanganan Pasca Terkonfirmasi Covid-19

Arahan Kepala Balitkabi pada Sosialisasi Penanganan Pasca Terkonfirmasi Covid-19

Pandemi Covid-19 belumlah usai. Peningkatan kasus yang terjadi akhir-akhir ini mendorong manajemen Balitkabi berinisiatif untuk melakukan tracing terhadap semua karyawan-karyawati Balitkabi melalui tes PCR yang dilakukan secara bertahap selama bulan Juli 2021. Untuk menambah wawasan dan kesiapan seluruh karyawan dan karyawati Balitkabii terhadap hal-hal penting yang harus dilakukan pasca terkonfirmasi Covid-19, maka pada hari Kamis, tanggal 22 Juli 2021, dilakukan sosialisasi secara daring bertema Penanganan Pasca Terkonfirmasi Covid-19, yang disampaikan oleh dr. Lianita Farah Rosalina, Sp. PK.

Dalam pemaparannya dr. Nita menyampaikan hal pertama yang harus dilakukan oleh orang yang terkonfirmasi Covid-19, adalah berusaha untuk tenang, berfikiran positif, dan menerima kondisi tersebut dengan hati lapang. Ditekankan oleh dr. Nita, hal ini sangat penting bagi yang bersangkutan untuk bisa menerima dengan tenang dan ikhlas, karena akan sangat membantu dalam proses penyembuhan selanjutnya. Diingatkan kembali bahwa positif Covid, bukan merupakan sesuatu yang memalukan dan harus disembunyikan, namun sebaliknya, ketika terkonfirmasi pasien harus segera melapor ke Satgas Covid di daerahnya, sehingga akan mendapatkan pemantauan yang baik. Selanjutnya dr. Nita juga menerangkan hal-hal penting seperti bagaimana melakukan isolasi mandiri di rumah dengan nyaman, cara memakai masker dan pilihan masker yang baik dan benar, hingga treatment yang bisa dilakukan selama isolasi mandiri di rumah.

Sosialisasi juga dilengkapi dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Beragam pertanyaan diajukan mulai dari bagaimana menjalani isoman bagi ibu menyusui dan dengan balita sampai terapi obat dan makanan yang bisa dilakukan selama isolasi.

Acara diakhiri dengan arahan dari Ibu Kepala Balitkabi, Dr. Titik Sundari, yang sekali lagi menekankan pentingnya untuk selalu berfikir positif, disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, dan segera melakukan pelaporan dan pengobatan jika terkonfirmasi Covid-19.

ccovid1 covid2
Dr. Lianita Farah Rosalina, sp. PK menyampaikan materi sosialisasi penangan pasca terkonfirmasi Covid-19
Peserta sosialisasi penangan pasca terkonfirmasi Covid 19

Peserta sosialisasi penangan pasca terkonfirmasi Covid-19

AI