Berita » Sosialisasi Produk Olahan Kacang dan Umbi di Jambi

sos_pangan_jambi_0

Untuk mendukung kegiatan Kawasan Pangan Rumah Lestari (KRPL) dan KPT Desa Pudak, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Balitkabi bekerjasama dengan BPTP Jambi mengadakan sosialisasi varietas unggul kabi dan pelatihan pengolahan kabi menjadi aneka produk pangan. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu (8/2/2012). Sosialisasi, yang dibuka secara resmi oleh Kepala BBP2TP, Dr. Kasdi Subagyono ini, diikuti oleh 55 peserta dari Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Kab. Muara Jambi, staf Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jambi, Ketua dan pengurus PKK Kecamatan Kampe Ulu dan Desa Pudak, anggota KWT dari 3 desa, termasuk pengrajin makanan, PPL dan staf BPTP Jambi. Hadir pula Ibu Bupati Kab. Muaro Jambi, Kepala Balitkabi, Kepala BPTP Jambi, dan Camat Kumpe Ulu. Pada intinya, pejabat yang hadir berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya untuk memanfaatkan tanaman lokal di sekitar rumah (KRPL) sebagai sumber pangan keluarga sehingga tidak hanya bergantung pada beras saja, namun dapat memanfaatkan sumber karbohidrat dari umbi-umbian. Peserta sosiali juga berkeinginan bahwa keterampilan yang diperoleh dari sosialisasi ini dapat dimanfaatkan untuk menambah pendapatan keluarga dengan mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan. Pemerintah daerah diharapkan mendukung kegiatan ini dengan kebijakan yang mengharuskan konsumsi bahan pangan lokal pada kegiatan resmi, seperti rapat/seminar dan perayaan-perayaan tertentu sehingga produk pangan lokal tersebut dapat dipesan dan diproduksi oleh ibu-ibu KWT yang telah dilatih.

Dr Muchlish Adie, Kepala Balitkabi (memegang mic) sedang menguraikan peranan Balitkabi dalam penelitian dan diseminasi komoditas kacang dan umbi, termasuk produk olahan dari kacang-kacangan dan umbi-umbian

Dr Muchlish Adie, Kepala Balitkabi (memegang mic) sedang menguraikan peranan Balitkabi dalam penelitian dan
diseminasi komoditas kacang dan umbi, termasuk produk olahan dari kacang-kacangan dan umbi-umbian

Sosialisasi dimulai dengan pengenalan varietas unggul ubikayu dan ubijalar serta ragam produk olahannya, dilanjutkan dengan kedelai, kacang tanah dan kacang hijau yang disampaikan oleh Ir. Erliana Ginting M.Sc. Selanjutnya praktik pembuatan es krim dan onde-onde dari ubijalar ungu, cassava blanca dan brownies kukus dari 100% ubikayu segar, mie basah dari talas/mbote dan susu kedelai varietas Anjasmoro dipandu oleh Suprapto, S.P. dan Lina Kusumawati, S.Si. Selain itu juga disajikan beragam produk umbi-umbian, antara lain kue kering dari tepung ubijalar, tepung ubikayu, pasta ubijalar dan mbote serta tiwul instan, pukis dari ubijalar kuning (varietas lokal asal Kab. Kerinci). Tak ketinggalan juga disajikan mie ubijalar ungu, onde-onde dan kue mangkok dari ubijalar kuning dan ungu, kacang tanah lemak rendah serta contoh sawut kering dan tepung ubijalar. Setiap peserta dihadiahi buku resep produk olahan kabi.

bu Bupati selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muaro Jambi  mencicipi  produk olahan kabi yang disajikan dan menyampaikan respon positif serta dukungan untuk kegiatan sosialisasi

Bu Bupati selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muaro Jambi  mencicipi  produk olahan kabi yang
disajikan dan menyampaikan respon positif serta dukungan untuk kegiatan sosialisasi

Peserta sangat antusias mencicipi produk yang disajikan dan mengikuti praktik pengolahan karena sebagian besar belum mengetahui bahwa umbi-umbian ternyata dapat diolah menjadi aneka produk yang menarik dan bercitarasa wah, termasuk cara untuk menghilangkan efek gatal dari umbi talas/mbote.

Kegiatan sosialisasi pengolahan kabi di Desa Pudak, Kec. Kumpe Ulu, Kab. Muaro Jambi yang dihadiri oleh  Ka BBP2TP, Ka Balitkabi, Ka BPTP Jambi, Ibu Bupati Kab. Muaro Jambi dan Camat  Kumpe Ulu.

Kegiatan sosialisasi pengolahan kabi di Desa Pudak, Kec. Kumpe Ulu, Kab. Muaro Jambi yang dihadiri oleh 
Ka BBP2TP, Ka Balitkabi, Ka BPTP Jambi, Ibu Bupati Kab. Muaro Jambi dan Camat  Kumpe Ulu.

Isteri Bupati, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, sangat mendukung kegiatan ini dan berterima kasih atas materi dan keterampilan yang diberikan para peneliti Balitkabi. Bahkan beliau juga ikut praktik pembuatan es krim ubijalar ungu dan mencicipi hasilnya. Praktik pembuatan mie dari pasta talas/mbote (substitusi 50% terigu) juga mendapat respons baik dari peserta yang sebagian ingin segera mempraktikkan sendiri karena praktis, mudah, dan mie yang dihasilkan berkualitas. Selain itu, umbi talas/mbote ini juga cukup mudah diperoleh di lokasi sosialisasi. Staf BKP Propinsi Jambi yang ikut dalam sosialisasi ini juga bersemangat karena mendapatkan resep beragam produk olahan dari tepung ubikayu dan ubijalar.

Erli/MMA/Win