Berita ยป Sosialisasi Kinerja Balitkabi untuk Mahasiswa PKL

Balitkabi sebagai salah satu UPT Balitbangtan selalu mengedepankan pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk siswa dan mahasiswa. Dalam empat tahun terakhir, jumlah kunjungan dan magang siswa dan mahasiswa terus meningkat, mengindikasikan bahwa keberadaan dan kinerja Balitkabi diapresiasi oleh pengguna.Bertempat di Ruang Seminar-2 Balitkabi, 14 Juli 2014, dilakukan Sosialisasi Tupoksi dan Kinerja kepada sebagian mahasiswa yang sedang magang/PKL di Balitkabi. Mereka terdiri dari 19 mahasiswa, berasal dari Universitas Brawijaya (9 mahasiswa), Universitas Islam Negeri Malang (UIN) (2 mahasiswa), Universitas Negeri Malang (UM) (4 mahasiswa), UGM (2 mahasiswa), dan IPB (2 mahasiswa). Dr. Novita Nugrahaeni, Dr. AA Rahmiana dan Dr. Muchlish Adie bertindak sebagai narasumber. Sebelumnya sejumlah 20 mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana Kupang NTT juga telah lebih dulu dibekali informasi tentang Balitkabi oleh Achmad Winarto. Mereka yang berasal dari program studi Agroteknologi (dan Sumberdaya Lahan), Perlindungan Tanaman, dan Teknologi Hasil Pertanian, kini mengikuti kegiatan di Lapang (Kebun Percobaan dan KRPL), Lab Pangan dan Lab Hama dan Penyakit Tanaman.

Sosialisasi tupoksi dan kinerja Balitkabi kepada mahasiswa Sosialisasi diawali dengan visi dan misi, keorganisasian, dan tupoksi Balitkabi. Pengenalan Balitkabi perlu diketahui oleh mahasiswa yang terkait dengan kedudukan Balitkabi di bawah Balitbangtan dan kaitannya dengan keberadaan BPTP yang ada di setiap provinsi. Dengan pemaparan demikian maka mahasiswa dalam mencari dan mendapatkan informasi mendapatkan banyak pilihan sumber informasi.


Mahasiswa Faperta Univ Nusa Cendana (Undana)praktik kerja di bawah bimbingan peneliti dan staf Balitkabi.
Capaian dan kinerja Balitkabi juga perlu diketahui oleh mahasiswa. Disampaikan oleh para narasumber bahwa Balitkabi sebagai sumber IPTEK akabi merakit teknologi mulai dari sumberdaya genetik, menghasilkan teknologi (varietas, komponen teknologi budidaya, panduan teknologi), pada akhirnya berbagai inovasi harus didiseminasikan kepada pengguna agar dapat sesegera mungkin diadopsi oleh pengguna. Kehadiran mahasiswa di Balitkabi merupakan bagian dari proses networking dan sekaligus merupakan bagian dari proses diseminasi. MMA/AW