Berita » Staf Balitkabi Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Teknisi Litkayasa

Pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas Teknisi Litkayasa.

Badan Litbang Pertanian terus berupaya mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pada tanggal 28-29 November 2012, Badan Litbang pertanian menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Teknisi Litkayasa di Bekasi. Workshop diselenggarakan berdasarkan hasil rapat kerja II Badan Litbang Pertanian pada 28-30 Agustus lalu. Sejumlah 80 calon teknisi litkayasa dari seluruh UK/UPT Badan Litbang Pertanian mengikuti workshop ini. Balitkabi mengirimkan dua calon teknisi litkayasa, yaitu Purwono dan Sagitarius Bambang Ermawan.

Workshop dibuka oleh Kepala Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian, Drs. Joko Purnomo, MS. Menurut Drs. Joko Purnomo, MS, dalam kurun waktu lima tahun terakhir jumlah teknisi litkayasa mengalami penurunan. Pada tahun 2004 jumlah teknisi litkayasa mencapai 634 orang dan tahun 2012 jumlahnya berkurang menjadi 544 orang. Oleh karena itu, tujuan dari workshop ini adalah untuk menumbuhkan minat peserta workshop untuk mengisi formasi jabatan fungsional litkayasa tersebut. “Selesai workshop diharapkan seluruh peserta dapat menduduki jabatan fungsional litkayasa”, ujar Pak Joko.

Selain itu, Pak Joko menyampaikan persyaratan untuk menduduki jabatan fungsional teknisi litkayasa, sebagai berikut: 1) Ada formasi pada instansi ybs, 2)Berijazah minimal SMTA/D1 sesuai tupoksi Unit Kerja, jika tidak sesuai tupoksi UK, harus dilampirkan surat penugasan dari Kepala UK ybs, 3) Pangkat minimal Pengatur Muda, Gol. II/a, 4) Telah bekerja dalam bidang pelayanan litkayasa minimal 2 (dua) tahun dengan melampirkan surat keterangan 5) Sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun sebelum mencapai BUP, 6)Penentuan jabatan didasarkan jumlah Angka Kredit yang berasal dari unsur utama.

Pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas Teknisi Litkayasa.

Materi yang disampaikan dalam workshop mencakup: 1) Tata cara penilaian angka kredit jabatan fungsional teknisi litkayasa disampaikan oleh H. Suratno, SE, MM, Ka. Bid. Akreditasi dan Penilaian Pusbindiklat-BPPT, 2) Pembinaan jabatan fungsional di Kementerian Pertanian yang dipaparkan oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Bapak Winarhadi, dan 3) Strategi pengembangan karir teknisi litkayasa disampaikan oleh Ir. Bambang Kushartono, Tim Penilai instansi Badan Litbang pertanian.

Peserta Workshop Peningkatan Kapasitas Teknisi Litkayasa, Bekasi 28-29 November 2012.

Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik pembuatan Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK) dan Penetapan Angka Kredit (PAK). Peserta workshop dengan dipandu Tim Penilai Unit (TPU) dari unit kerja masing membuat DUPAK dan PAK. DUPAK dan PAK nantinya akan digunakan sebagai syarat pengangkatan jabatan fungsional teknisi litkayasa.