Berita » Surveillance Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN)

Pembukaan Surveillance Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN)

Pembukaan Surveillance Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN)

Pada tanggal 16 Oktober 2019 Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN) telah mendapatkan sertifikat ISO/IEC 17025:2017 dari KAN, dengan masa berlaku sertifikat 5 tahun. Sesuai persyaratan, kunjungan Surveillance pertama dilaksanakan antara bulan ke-15 sampai bulan ke-18 sejak tanggal ditetapkan akreditasi atau tanggal re-akreditasi. Untuk memenuhi persyaratan tersebut maka pada 7-8 April 2021 dilakukan Surveillance pertama terhadap tiga Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN), yakni Laboratorium Tanah dan Tanaman, Laboratorium Kimia Pangan, dan Laboratorium Uji Mutu Benih oleh KAN menggunakan acuan SNI ISO/IEC 17025:2017. Semua laboratorium dinilai oleh Dra. Salmeiningsih sebagai lead assessor dan Ir. Nuryani Dewi Permana, M.Si. sebagai asesor anggota.

Dalam pertemuan pembukaan melalui aplikasi Zoom, Ibu Salmeiningsih menyampaikan bahwa kegiatan Surveillance ini bukan untuk mencari kesalahan, namun dimaksudkan untuk menilai kesesuaian penyelenggaran pengujian laboratorium dengan standar ISO/IEC 17025:2017. Sebelum pelaksanaan Dr. Heru Kuswantoro sebagai Manajer Mutu menyampaikan semoga ketidaksesuaian yang ditemukan dapat menjadikan perbaikan laboratorium agar lebih baik lagi. “Mungkin masih banyak kekurangan kami yang memerlukan perbaikan berkelanjutan” ungkap Dr. Titik Sundari (Kepala Balitkabi) kepada Tim Asesor. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh personil Laboratorium Pengujian Balitkabi yang telah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Selama dua hari dilakukan penilaian kesesuaian dokumen dan pelaksanaan pengujian di semua ruang lingkup Laboratorium Pengujian Balitkabi.  Kedua asesor mengkonfirmasi dokumen-dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya. Salmeiningsih menilai klausul persyaratan umum (4), struktural (5) dan sistem manajemen (8) terhadap Manajer Mutu serta klausul persyaratan sumber daya (6), proses (7) aspek pengujian kimia kadar air, kadar abu total, kadar lemak, dan kadar protein biji kedelai, kacang tanah dan kacang hijau (Laboratorium Kimia Pangan) serta aspek pengujian Kimia Tanah dengan 10 parameter (Laboratorium Tanah dan Tanaman). Sedangkan Ibu Nuryani Dewi Permana menilai klausul persyaratan sumber daya (6), proses (7) aspek pengujian fisika/biologi: kadar air, kemurnian benih dan daya berkecambah biji kedelai, kacang tanah dan kacang hijau  (Laboratorium Uji Mutu Benih).

Pada closing meeting, dari hasil Surveillance yang di lakukan secara Remote Assessment pada 8 April 2021, disimpulkan bahwa Laboratorium Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) telah berupaya menerapkan ISO/IEC 17025:2017, yang didukung oleh Dokumentasi Sistem Mutu, Sumber Daya Manusia, Peralatan, Sarana dan Prasarana yang cukup memadai, namun masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian dengan kategori minor dan observasi. Selanjutnya, tim asesor merekomendasikan bahwa dari Surveillance status akreditasi Laboratorium Balitkabi dapat dipertahankan. Selamat dan sukses untuk Balitkabi.

survelen1 survelen1

Proses dan penyampaian hasil assesment pada Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN)

Proses dan penyampaian hasil assesment pada Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN)

HK/WR