Berita ยป Swab PCR sebagai Diagnosa Awal Covid-19 di IP2TP Genteng

Koordinator IP2TP Genteng mengawali swab PCR

Koordinator IP2TP Genteng mengawali swab PCR

Sebanyak 23 orang ASN dan Non ASN di IP2TP Genteng menjalani swab PCR secara massal. Kegiatan ini dipusatkan di aula pertemuan IP2TP Genteng dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan Kepala Balitkabi sebagai tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian tentang Panduan Sistem Kerja Kementerian Pertanian dalam Masa Pandemi Covid-19.

Swab PCR dilakukan sebagai diagnosa awal serangan virus corona pada manusia. Hal ini penting dilakukan untuk menegakkan diagnosa seseorang tersebut terpapar Covid-19 atau tidak. Swab PCR merupakan tes yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pengambilan sampel dilakukan di bagian hidung (nasofaring) dan tenggorokan (orofaring) seseorang. Setelah mengetahui hasil diagnosa, maka tindakan berikutnya akan lebih tepat dilakukan.

Pada kegiatan ini, IP2TP Genteng bekerja sama dengan SUN LAB yang berlokasi di Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Sebelum pelaksanaan tes, Koordinator IP2TP Genteng memberikan arahan dan dorongan semangat kepada para karyawan agar kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan lancar. Karyawan juga didorong untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini. Acara dilanjutkan dengan penjelasan dan sosialisasi dari pihak SUN LAB untuk memberikan pencerahan akan manfaat swab PCR, dan cara pengambilan sampel tersebut. Selain itu, pihak SUN LAB juga menjelaskan bagaimana meningkatkan imun pada tubuh manusia supaya tetap terjaga dengan baik, serta cara menerapkan prokes dengan baik dan benar.

Sebelumnya, Koordinator IP2TP Genteng telah membagikan vitamin kepada seluruh karyawan dan karyawati IP2TP Genteng. Vitamin yang diberikan antara lain vitamin C, vitamin E dan madu, serta alat kesehatan berupa masker dan minyak kayu putih. Hal ini bertujuan agar kesehatan dan imun karyawan tetap terjaga, sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkup IP2TP Genteng. Tindakan pencegahan lain adalah dengan melakukan penyemprotan desinfektan setiap minggu guna mencegah penularan virus di lingkungan kantor.

pcr1 pcr pcr2
Pelaksanaan swab PCR dan penyemprotan desinfektan di IP2TP Genteng

JR