Berita » Tasyakuran Rumah Porang Balitkabi

Sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pembangunan rumah porang Balitkabi, dilaksanakan tasyakuran pada hari Jumat tanggal 24 September 2021. Acara ini dihadiri oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., beserta Kasubbag Tata Usaha, Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian, Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknis, Koordinator IP2TP Kendalpayak serta tim pelaksana penelitian karakterisasi porang dan beberapa peneliti SDG porang, dan tim renovasi rumah porang.

Peresmian Rumah Porang oleh Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.)

Peresmian Rumah Porang oleh Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.)

Rumah porang Balitkabi merupakan bentuk dukungan terhadap lancarnya kegiatan penelitian komoditas umbi-umbian yang sedang naik daun ini. Kepala Balitkabi menyampaikan bahwa mengawali musim tanam porang dengan fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya, diharapkan tanaman akan tumbuh dengan baik.

“Cerita tentang porang ini dimulai ketika dibentuknya tim pada bulan September 2019 melaksanakan karakterisasi di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun dan dilaksanakan sidang pelepasan pada bulan Februari 2020, menghasilkan porang varietas Madiun 1, varietas porang pertama di Indonesia” ujar Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S.

Permintaan informasi umbi potensial lainnya semakin banyak, tentu Balitkabi harus siap dengan tantangan ini. Seperti halnya porang, umbi-umbi potensial semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kerja keras dan semangat untuk memberikan yang terbaik merupakan kunci pelayanan terhadap masyarakat luas.

Penanaman umbi porang dan Tasyakuran rumah porang

Penanaman umbi porang dan Tasyakuran rumah porang

Acara dilanjutkan penanaman umbi porang secara simbolis oleh Kepala Balitkabi, penanggungjawab kegiatan karakterisasi porang serta penanggungjawab RPTP SDG. Sebagai penutup, dilakukan pembacaan doa dipimpin oleh Ir. Abdullah Taufiq, MP., semoga kegiatan ini diberkahi dan bermanfaat bagi banyak pihak.

AA