Berita ยป Teknologi Budidaya Kedelai Spesifik Lokasi

Agar program swasembada kedelai sukses, maka diperlukan persiapan lebih intensif. Untuk itu Puslitbang Tanaman Pangan telah bergerak cepat dengan mengadakan temu lapang pembekalan budidaya kedelai spesifik lokasi untuk 30 staf BPTP seluruh Indonesia.

31-8-15a

Pembekalan dilaksanakan di Balitkabi, 28 Agustus 2015. Kegiatan diawali dengan kunjungan dan diskusi di pertanaman kedelai di KP Kendalpayak, dengan pemandu Prof. Subandi dan Cipto Prahoro, S.P. Selanjutnya diadakan pemaparan materi budidaya kedelai spesifik lokasi dan diskusi di Aula Balitkabi.

Dalam sambutannya, Dr. Muchlish Adie, mewakili Kepala Balitkabi, menyatakan bahwa kita secara bersama-sama diberi mandat oleh Balitbangtan untuk mengawal program pajale agar sukses. Untuk itu pada kesempatan ini mari kita diskusikan permasalahan dan solusi untuk meningkatkan produksi kedelai di lokasi spesifik lokasi, khususnya di lahan bermasalah.

31-8-15b

Materi pembekalan mencakup:

  1. Teknologi Budidaya Kedelai,
  2. Pengenalan Varietas dan Teknologi Produksi Benih Kedelai,
  3. Karakteristik Benih Kedelai dan Upaya Menghasilkan benih Bermutu Tinggi,
  4. Identifikasi Penyakit Utama Kedelai dan Cara Pengendaliannya, serta
  5. Hama Kedelai dan Cara Pengendaliannya.

Di samping diskusi materi, untuk menyebarkan informasi kepada para petani dan petugas di lapang, para peserta juga diajak secara bersama-sama menyusun leaflet. Penyusunan leaflet dibagi menjadi empat kelompok, yaitu

  1. Teknologi Produksi Kedelai di Lahan Sawah,
  2. Teknologi Produksi Kedelai Lahan Pasang Surut Tipe C dan D,
  3. Teknologi Produksi Kedelai Lahan Kering Masam, dan
  4. Teknologi Produksi Kedelai Lahan Kering.

Purwono/AW