Berita » Temu Lapang Teknologi Produksi Kedelai Lahan Masam di Lampung

1.faridah-1

Pemanfaatan lahan masam untuk meningkatkan produksi kedelai terus diupayakan. Lahan masam menyimpan masalah kemasaman, sehingga diperlukan varietas unggul kedelai yang toleran terhadap lahan masam sekaligus teknologi budidaya pendukungnya. Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan (lewat proyek AFACI) telah mengadakan penelitian kesesuaian varietas kedelai untuk lahan masam di Kebun Percobaan Taman Bogo Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.

Untuk mengembangkan hasil penelitian kepada petani di sekitar lokasi dan menunjukkan keragaan produktivitas teknologi produksi dan varietas toleran lahan masam diadakan Temu lapang, di KP Taman Bogo, Lampung Timur, Selasa (4/6). Temu lapang bertema “Kedelai Adaptif Lahan Masam”, dihadiri oleh 40 orang petani dan penyuluh. Temu lapang ini bertujuan untuk memperkenalkan tanaman kedelai adaptif lahan masam yang merupakan hasil penelitian Badan Litbang pertanian.

Tiga nara sumber menyampaikan materi terkait teknologi produksi kedelai di lahan masam, yaitu: (1) budidaya kedelai di lahan kering masam disampaikan oleh Prof. Sudaryono; (2) Pengenalan varietas unggul kedelai adaptif lahan kering masam oleh Dr. Heru Kuswantoro, dan materi ketiga “Hama penting pada tanaman kedelai” oleh Dr. Suharsono.

Selanjutnya disampaikan materi tentang Produk Olahan Pangan berbahan kedelai oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc., dan pengembangan kedelai di lahan kering masam ditinjau dari ekonomi oleh Ir. Nila Prasetiaswati. Temu lapang diikuti dengan tanya jawab dengan peserta.

Suharsono/AW