Berita ยป Tim Kerjasama IMIN-2 Eksplorasi Hama Kutu Kebul

Tim IMIN-2 eksekusi cepat target eksplorasi hama kutu kebul (white fly) di Jawa Tengah (Jateng) tanggal 14 hingga 16 September 2021. Kegiatan eksplorasi dipimpin Dr. Rudy Soehendi dan Fitopatologis Balitkabi Eriyanto Yusnawan, Ph.D. dan Emerensiana Uge, M.Sc. Tim menyisir hamparan pertanaman aneka kacang di wilayah Jateng. Pelaksanaan eksplorasi yang sempat tertunda karena adanya PPKM di wilayah Jawa dan Bali ini akhirnya dieksekusi dengan lebih cepat dari target yang direncanakan.

Eksplorasi hama kutu kebul di Kabupaten Grobogan

Eksplorasi hama kutu kebul di Kabupaten Grobogan

Sampling pertama dimulai dari Kabupaten Ngawi (IP2TP Ngale), Kabupaten Pati, dan Kabupaten Grobogan dengan menyusur lahan pertanaman kacang hijau, kedelai, dan kacang tanah. Pada umumnya ditemukan pertanaman sudah memasuki usia panen, sehingga populasi hama kutu kebul cukup rendah, ditambah lagi pertanaman yang basah karena diguyur hujan pertama yang hampir merata di wilayah Jateng. Tim berhasil menemukan populasi hama target di pertanaman yang masih muda, dengan pola pengambilan sampel diagonal.

Eksplorasi hama kutu kebul di Kabupaten Ngawi (kiri) dan di Kabupaten Pati (kanan)

Eksplorasi hama kutu kebul di Kabupaten Ngawi (kiri) dan di Kabupaten Pati (kanan)

Pada kesempatan sebelumnya, tim juga telah menyisir hama kutu kebul pada pertanaman kedelai di Jawa Timur meliputi Kabupaten Malang dan Probolinggo, sehingga target di lima lokasi telah dicapai. Selanjutnya, sampel akan dipreparasi dan dikirim ke Insitut Pertanian Bogor untuk pengujian secara molekuler. Melalui kegiatan ini akan diperoleh informasi terkait peran hama kutu kebul dan keragaman genetiknya sebagai vektor virus pada tanaman aneka kacang, yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan kebijakan pengendalian dan lainnya.

EU/RS/EY