Berita ยป Tindak Lanjut Kerjasama Balitbangtan dengan MARDI

Penandatanganan kerjasama antara Balitbangtan (IAARD) dengan Malaysian Agricultural Research and Development Institute (MARDI) telah dilakukan pada Juni 2021. Sebagai tindak lanjutnya, dilakukan technical meeting antara Balitbangtan dengan MARDI yang dilakukan secara daring pada 24 November 2021.

Director General (Research) MARDI dan tim (kiri) serta Sekretaris Balitbangtan (kanan)

Director General (Research) MARDI dan tim (kiri) serta Sekretaris Balitbangtan (kanan)

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., beserta Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian dan pemulia kedelai Balitkabi (Muchlish Adie, Heru Kuswantoro, dan Ayda Krisnawati) menghadiri pertemuan tersebut.

Pertemuan dibuka oleh Deputy Director General (Research) MARDI, Dr. Mohamad Kamal bin Hj Abdul Kadir, yang juga didampingi oleh lima orang dari Dewan Pengarah MARDI, menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat penting untuk menghasilkan teknologi yang bermanfaat.

Pada tahap awal, difokuskan pada dua komoditas, yakni bawang merah dan kedelai, namun tidak menutup kemungkinan untuk diperluas pada komoditas lainnya.

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Haris Syahbuddin DEA, menyambut baik implementasi MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak. Apalagi kedua negara sama-sama berada pada iklim tropis, dan juga memiliki agroekosistem yang juga serupa. Haris mengharapkan kerjasama ini dapat dipercepat pelaksanaannya.

Technical meeting antara Balitbangtan dengan MARDI, 24 November 2021

Technical meeting antara Balitbangtan dengan MARDI, 24 November 2021

Selain peneliti dari MARDI yang menyampaikan rancangan kerjasama kedelai, Balitkabi juga memaparkan kegiatan pemuliaan kedelai di Indonesia beserta beragam varietas kedelai yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan serta rancangan kerjasama penelitian kedelai.

Mohamad Kamal mengharapkan kedelai dapat dikembangkan di Malaysia, dimana memerlukan sharing knowledge, teknologi, dan pengalaman. Pada akhir pertemuan, Haris mengemukakan perlunya tahap pematangan pelaksanaan kerjasama, termasuk Material Transfer Agreement.

MMA