Berita » Tingkatkan Kapasitas Pengelola Plasma Nutfah, Balitkabi Ikuti Webinar Berseri PVTPP

Webinar berseri PVTPP

Webinar berseri PVTPP

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) menyelenggarakan webinar berseri mengenai penyusunan deskripsi varietas tanaman aneka kacang dan ubi jalar pada tanggal 23 Agustus 2021 serta tanaman talas dan nanas pada tanggal 30 Agustus 2021. Dr. M. Luthful Hakim menyampaikan bahwa webinar diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas permohonan pendaftaran varietas yang masuk ke PVTPP. Komoditas yang diangkat merupakan komoditas yang dijumpai di banyak daerah di Indonesia, yaitu ubi jalar, aneka kacang, talas, dan nanas.

Aneka kacang dan umbi mencakup komoditas mayor, yaitu kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar, serta komoditas minor, yaitu aneka kacang dan umbi potensial. Deskripsi beberapa komoditas yang menjadi mandat Balitkabi dalam Kepmentan No. 104/KPTS/HK 140/M/2/2020 telah terangkum dalam buku yang diterbitkan oleh PVTPP yang berjudul “Panduan Umum Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman Pangan”.

Diskusi mengenai penerjemahan buku tersebut menjadi inti dalam webinar berseri PVTPP. Pengelola plasma nutfah Balitkabi, antara lain: Dr. Febria Cahya Indriani, Wiwit Rahajeng, S.P., Nuryati, S.P., MP., dan Pratanti Haksiwi Putri, S.Si., M.Sc., mewakili Balitkabi mengikuti webinar tersebut.

Materi Webinar Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman

Materi Webinar Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman

Materi disampaikan oleh pemeriksa PVT yang telah terbiasa melakukan pengujian varietas berbagai komoditas yang didaftarkan. Very Andriani, S.P., MP., Nani Suwari, S.P., M.Si., Susilowati, S.P., dan Suryaningrum, M.Si. selaku narasumber penyusunan deskripsi tanaman menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendeskripsian suatu tanaman, yaitu morfologi dan istilah botani dalam morfologi tanaman, fase pertumbuhan tanaman, kondisi tanaman, dan panduan deskripsi.

Peserta Webinar Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman

Peserta Webinar Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman

Komoditas yang belum tercakup dalam buku panduan penyusunan deskripsi tanaman dapat dikarakterisasi menggunakan deskriptor resmi internasional, atau jurnal hasil penelitian ilmiah, atau mengacu pada deskriptor tanaman yang serupa.

PHP/WR/NYT/FCI