Berita » Tinjauan Manajemen SMM Balitkabi ISO 9001:2015

Kepala Balitkabi memimpin Tinjauan Manajemen

Kepala Balitkabi memimpin Tinjauan Manajemen

Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) telah menerapkan dan memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 sejak tahun 2010, dan pada tahun 2018 bermigrasi ke ISO 9001:2015. Tinjauan Manajemen merupakan salah satu kegiatan yang tertuang pada Klausul 9.3 dalam Pedoman Mutu ISO 9001:2015 Balitkabi yang dilaksanakan satu tahun sekali. Sebagai salah satu bentuk komitmen Balitkabi dalam pelaksanaan SMM ISO 9001:2015, pada hari Rabu tanggal 10 Februari 2021 telah dilaksanakan Tinjauan Manajemen SMM Balitkabi ISO 9001:2015. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Balitkabi sebagai Pimpinan Puncak (Dr. Ir. Titik Sundari, MP.), Kasubbag TU sebagai Wakil Manajemen (Drs. Subarkah), Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik, Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian, Koordinator Program, Wakil Direktur UPBS, Pejabat Pembuat Komitmen, Ketua Kelompok Peneliti, Koordinator IP2TP lingkup Balitkabi, Tim ULP dan Tim ISO Balai. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Balitkabi, namun untuk Ketua Kelompok Peneliti serta Koordinator IP2TP mengikuti kegiatan secara daring.

Tinjauan Manajemen dilakukan untuk mengevaluasi kesesuaian, kecukupan dan keefektifan penerapan SMM ISO 9001:2015, pada aspek (1) Status tindakan dari tinjauan manajemen sebelumnya,(2) Perubahan isu, baik internal dan eksternal yang relevan terhadap sistem manajemen mutu,(3) Informasi kinerja dan keefektifan dari sistem manajemen mutu diantaranya kepuasan pelanggan dan umpan balik, pencapaian dari sasaran mutu, kinerja proses dan kesesuaian jasa, ketidaksesuaian dan tindakan korektif, pemantauan dan pengukuran hasil, hasil audit sebelumnya, kinerja dari penyedia eksternal, (4) Kecukupan sumber daya, (5) Keefektifan tindakan yang telah diambil ditujukan pada resiko dan peluang, dan (6) Peluang untuk peningkatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balitkabi menekankan, “Marilah kita mulai bersama-sama untuk berkomitmen menerapkan klausul-klausul yang ada di SMM ini, termasuk di IP2TP yang juga merupakan ruang lingkup penerapan SMM di Balitkabi”.

Berdasar pemaparan capaian maupun kendala dari masing-masing bagian, terdapat peluang peningkatan, keperluan perubahan dalam SMM, serta kebutuhan sumber daya yang perlu ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan sistem manajemen mutu balai kedepan.

Nuryati

tinjauan1 tinjauan2 tinjauan3
Tinjauan Manajemen ISO 9001:2015 Balitkabi