Berita ยป Tinjauan Manajemen SMM untuk Majukan UPBS Balitkabi

a_upbs_1

Konsistensi UPBS untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan mitra kerja harus dipertaruhkan melalui peningkatan kinerja dan peningkatan mutu. Tinjauan manajemen di UPBS Balitkabi adalah untuk meninjau Sistem Manajemen Mutu (SMM) organisasi UPBS dalam rangka mengevaluasi kesesuaian, kecukupan, dan keefektifannya serta arah pengembangan ke depan.

Tinjauan manajemen SMM ISO 9001:2008 UPBS Balitkabi tahun 2013 dilakukan tanggal 18 Februari 2013 dihadiri oleh Direktur UPBS, Wakil Direktur (Ir. M. Anwari MS), Manajer Administrasi dan Keuangan (Dr. Titik Sundari), Manajer Produksi (M. Arum SP, MP), Manajer Pemasaran (diwakili oleh Ir. Suluh Pambudi), Manajer Gudang (Sutomo), Manajer Kendali Mutu (Ir. Joko Purnomo MP), Staf Kendali Mutu (Ir. Hadi Purnomo), dan Staf Administrasi (Nik Matul Iza). Dr. Titik menyampaikan bahwa Tinjauan Manajemen dilakukan sebagai tindak lanjut Audit Internal 12 Februari 2013. Di samping menindaklanjuti Audit Internal, Agenda Tinjauan Manajemen saat ini juga dibahas, mencakup: (1) Umpan balik hasil analisis dari pelanggan, (2) Kinerja proses dan kesesuaian produk, (3) Status tindakan pencegahan dan perbaikan, (4) Tindak lanjut tinjauan manajemen yang telah dilakukan, (5) Tindakan perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu, dan (6) Saran-saran untuk perbaikan berdasarkan umpan balik dari pelanggan maupun pihak lain.

Diskusi juga diarahkan pada peningkatan kinerja UPBS. Masih dirasakan kesulitan untuk mengoptimalkan produksi benih yang ada di KP oleh karena itu masih diperlukan komitmen dari Kepala Kebun Percobaan, termasuk perlunya pembuatan standar mutu benih yang dihasilkan oleh KP sebelum dikirimkan ke Gudang di Balitkabi, serta percepatan dalam produksi benih NS (benih inti) di KP. Integrasi dan pemanfaatan Laboratorium Benih yang sudah memiliki Akreditasi 17025 menjadi wahana tugas yang harus disatupadukan dan dicarikan jalan keluar.

Pada penutupan Tinjauan Manajemen, Kepala Balitkabi yang sekaligus sebagai Direktur UPBS menyampaikan terima kasih atas kerja keras jajaran UPBS yang telah mampu menindaklanjuti hasil audit internal. Hal tersebut menjadi sangat penting karena pada tahun 2013,UPBS akan memperluas ruang lingkupnya, sekaligus menyongsong reasessmen pada Maret 2013. Ka Balitkabi juga berpesan, semakin berat kerja jajaran UPBS maka peluang mendapatkan kritikan dari teman sejawat akan semakin banyak diperoleh, bahkan kritikan dan pimpinan juga akan semakin banyak, itulah konsekuensi dan tantangan manakala kita bekerja keras, bekerja tambahan di luar tupoksi utama. Membentenginya hanya dengan kekompakan tim dan kerja ikhlas.

Semoga jajaran UPBS Balitkabi tetap mendapatkan lindungan dari Allah SWT. Amin.

MMA/AW