Berita Ā» Tinjauan Manajemen UPBS Balitkabi Tahun 2021

Tinjauan Manajemen merupakan salah satu agenda wajib yang tertuang pada butir 9.3 pada SMM ISO 9001:2015. Tinjauan Manajemen dilaksanakan untuk mengevaluasi dan memverifikasi, kesesuaian, kecukupan, dan keefektifan kesesuaian kegiatanĀ  SMM UPBS Balitkabi dengan persyaratan manajemen mutu ISO 9001:2015 serta arah pengembangan kedepan.

berita-220218-tinjauanmanajemen-a

Tinjauan Manajemen UPBS Balitkabi dilaksanakan pada 16 Februari 2022 secara luring dan daring. Hadir secara luring di Aula Balitkabi Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P. (Subkoordinator Substansi Yantek), B.S. Koentjoro, S.P., M. Kom. (Subkoordinator Substansi Jaslit), Herdina Pratiwi, S.P., M.P. (Wakil Direktur UPBS), dan semua manajer UPBS, sedangkan para koordinator IP2TP hadir secara daring melalui zoom meeting. Tinjauan manajemen bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan pencapaian sasaran mutu UPBS pada tahun 2021.

Pelaksanaan Tinjauan Manajemen UPBS yang dilaksanakan daring

Pelaksanaan Tinjauan Manajemen UPBS yang dilaksanakan daring

Herdina Pratiwi memaparkan secara lengkap poin-poin yang perlu dilaporkan dan dibahas dalam Tinjauan Manajemen, yaitu:

  1. Status tindakan dari tinjauan manajemen terdahulu
  2. Perubahan isu internal dan eksternal yang relevan pada sistem manajemen mutu
  3. Informasi kinerja dan keefektifan dari sistem manajemen mutu
  4. Kecukupan sumber daya
  5. Keefektifan tindakan yang diambil ditujukan pada resiko dan peluang, serta
  6. Peluang peningkatan

Pada sesi diskusi, para koordinator IP2TP menyampaikan saran dan usulan, serta permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan produksi benih sumber. IP2TP mengharapkan adanya standarisasi sarana dan prasarana pendukung produksi benih, terutama untuk pengujian daya berkecambah, ruang penyimpanan benih, serta tera / kalibrasi peralatan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Pelaksanaan Tinjauan Manajemen UPBS yang dilaksanakan luring

Pelaksanaan Tinjauan Manajemen UPBS yang dilaksanakan luring

Pada penutupan Tinjauan Manajemen, Rudi Iswanto mewakili Manajemen Balai menyampaikan bahwa semua usulan akan ditampung dan dibuat skala prioritas, untuk realisasinya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Keberhasilan yang telah dicapai UPBS pada tahun 2021 hendaknya dipertahankan, dan yang masih perlu perbaikan akan lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

WR/HP