Berita ยป Tinjauan Permentan No. 39/2006

1-permentan-1

Dalam rangka penyiapan peraturan-peraturan perbenihan khususnya Peraturan Menteri Pertanian tentang Produksi, Sertifikasi, dan Pengawasan Benih yang tertuang pada Permentan No. 39/2006, maka Badan Benih Nasional mengadakan diskusi atau Brainstorming Review Peraturan Menteri Pertanian tentang Produksi, Sertifikasi, dan Pengawasan. Diskusi dilaksanakan di Hotel Salak Bogor pada 9 November 2012 dengan melibatkan Badan Litbang Pertanian (Puslitbangtan, BB Padi, Balitkabi, Balitsereal, dan BB Biogen), BPSBTPH Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah serta Tim Pembina Pengawasan dan Sertifikasi Benih (TP2S) Tanaman Pangan.

Dengan semakin kompleksnya perkembangan dan masalah benih terutama tentang produksi, sertifikasi, dan pengawasan dari berbagai komoditas pangan, hortikultura, dan perkebunan diperlukan peninjauan kembali Permentan No. 39/2006. Dan telah dikeluarkannya Permentan tentang produksi, sertifikasi, dan pengawasan tentang benih/bibit hortikultura, maka perlu dipersiapkan Permentan tentang produksi, sertifikasi, dan pengawasan untuk tanaman pangan. Hasil brainstorming tentang produksi, sertifikasi dan pengawasan benih tanaman pangan yang semakin kompleks, muncul wacana dipisahkan tentang Permentan Produksi Benih, Sertifikasi Benih dan Pengawasan, namun berbagai tanggapan ketiga masalah produksi, sertifikasi dan pengawasan adalah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu Biro Hukum Kementerian Pertanian nanti yang akan memutuskan, yang penting dalam diskusi ini adalah untuk menyiapakan materi-materi yang belum tertampung dalam Permentan 39/2006 tentang produksi, sertifikasi dan pengawasan benih tanaman pangan. Berbagai masukan dari hasil diskusi telah diakomodasi dan dikumpulkan sebagai dasar penyempurnaan penyusunan Peraturan Menteri. Untuk menyiapakan konsep/draft Permentan produksi, sertifikasi, dan pengawasan telah dibentuk tim dan setelah selesai akan didiskusikan kembali untuk finalisasi pada akhir November 2012.

Hadir dalam diskusi Brainstorming Permentan No. 39/2006 dari Badan Litbang Pertanian, Dr Hasil Sembiring Kepala Puslitbangtan, Dr. Karden Kepala BB Biogen, Prof. Dr. Marwoto peneliti Balitkabi, dan Dr. Romlah dari Balitsereal.

Diskusi dipimpin Ibu Ir. Heny Ryhani Yusuf, M.M., Kasubdit PVPMB, Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan.