Berita » Tiwul, Garut, dan Ganyong Daya Tarik Stand Balitbangtan di Malang City Expo 2019

Even tahunan kota Malang yang bertajuk “Malang City Expo” kembali digelar pada 17-20 Juli 2019 bertempat di kawasan area parkir Stadion Gajayana kota Malang. Kegiatan tahunan ini meliputi Pameran Industri dan Perdagangan yang menyuguhkan beragam produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) unggulan Kota Malang seperti: [1] Produk fashion, [2] Pertanian, [3] Kuliner dsb.

berita-20_7_19malangcityexpo-b

Selain pameran dihadirkan juga berbagai kegiatan lainnya seperti:

  • Festival Kuliner Tradisional & Millenial (17-20 Juli)
  • Fun Game & Doorprice (17-20 Juli)
  • Pagelaran Seni dan Budaya (17-20 Juli)
  • Business Meeting Buyer & Reseller Nasional dan Internasional (18 Juli 2019)
  • Kontes Kopi dan Barista Malang (18 Juli 2019)
  • Ngalam Fun Cooking Competition & Hotel Chef Demo (19 Juli)
  • Serta Lomba Mewarnai 1000 Anak (20 Juli).

Lebih dari 100 stand mengisi Malang City Expo tahun ini, yang terdiri dari perwakilan beberapa kementerian, perwakilan kota/kabupaten se Jawa Timur, perwakilan provinsi lain, serta perwakilan dari BUMN dan BUMD.

berita-20_7_19malangcityexpo-a

Kementerian Pertanian diwakili Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) turut hadir memeriahkan acara tersebut. Balitbangtan menugaskan lima UPT lingkup Jawa Timur yaitu: [1] Balitkabi, [2] BPTP Jatim, [3] Balittas, [4] Balitjestro, dan [5] Lolit Sapo untuk berpartisipasi dan mengisi stand.

berita-20_7_19malangcityexpo-e

Inovasi-inovasi yang dihasilkan Balitbangtan seperti varietas unggul, teknologi, hingga produk olahan ditampilkan secara apik pada kegiatan tersebut. Balitkabi sebagai Balai Penelitian Nasional yang memiliki mandat komoditas aneka kacang dan umbi menampilkan berbagai varietas unggul akabi, leaflet dan booklet inovasi teknologi akabi, serta berbagai produk olahan pangan berbahan dasar umbi.

berita-20_7_19malangcityexpo-f

Produk olahan yang ditampilkan pada hari pertama expo antara lain: [1] Tiwul, [2] Onde-onde, [3] Sweetpotato stick, [4] Es krim ubijalar ungu, [5] DC kress, [6] Nugget tahu, [7] Bitterballen mbote (Colocasia esculenta), dan [8] cake tape.

berita-20_7_19malangcityexpo-c

Sejak hari pertama expo, stand-stand sudah ramai dikunjungi masyarakat. Lebih dari 50 orang mengunjungi stand Balitbangtan untuk mendapatkan informasi mengenai Balitbangtan dan UPT-UPT di bawahnya. Sebagian besar pengunjung tertarik kepada produk-produk olahan yang disajikan.

berita-20_7_19malangcityexpo-g

Salah satu yang istimewa adalah kunjungan Widayati Sutiaji, Istri Walikota Malang ke stand Balitbangtan karena tertarik melihat tiwul yang disajikan oleh Balitkabi. Widayati mengutarakan senang melihat olahan tiwul mengingatkan kembali kenangan di desa. Istri Walikota Malang itu juga mengusulkan agar pada pembukaan Malang City Expo 2019 pada 18 Juli 2019, Balitkabi dapat menyajikan ganyong dan garut kukus karena kedua umbi-umbian tersebut sekarang ini sudah langka dan sulit dicari di kota Malang.

berita-20_7_19malangcityexpo-d

WR