Berita » Ujicoba Galur-galur Elit Kedelai di Tanah Laut Kalsel

Keragaan galur elit kedelai di Tanah Laut, MK1 2021 (Foto: koleksi BPSB Kalsel)

Keragaan galur elit kedelai di Tanah Laut, MK1 2021 (Foto: koleksi BPSB Kalsel)

Provinsi Kalimantan Selatan pernah menjadi sentra produksi kedelai di kawasan Pulau Kalimantan, bahkan juga pernah berjaya sebagai penyedia benih kedelai untuk kawasan timur Indonesia, termasuk sebagian Sulawesi. Akhir-akhir ini, luas areal kedelai di Kalimantan Selatan memang mengalami penurunan.

Pada tahun 2021, BPSB TPH Kalimantan Selatan, melakukan ujicoba terhadap 14 galur-galur elit kedelai, dan disertai dengan varietas Detap 1 dan Dega 1. Galur-galur elit kedelai tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan pemulia Balitkabi. Pengujian di Kalimantan Selatan merupakan bagian dari Program Direktorat Perbenihan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Pengujian dilakukan di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, pada musim kemarau pertama. Keragaan dari semua galur elit yang diuji cukup bagus. Di Takisung, beberapa petani masih menanam kedelai, dan ujicoba ini paling tidak menjadi media memperkenalkan beberapa calon varietas kedelai kepada petani, urai Mujiarno dari BPSB Kalsel. Petani memiliki preferensi yang berbeda-beda terhadap keragaan dari 14 galur yang diuji, termasuk pada varietas pembanding Dega 1 (nomer 16) dan Detap 1 (nomer 15).

Varietas pembanding Dega 1 cukup bagus, yang ditunjukkan oleh keragaan postur tanaman yang tinggi, menurut pengamatan Mujiarno. “Dega 1 ini nampaknya cocok dikembangkan di Kalimantan Selatan”, harapan Mujiarso, ketika mengetahui bahwa keunggulan Dega 1 adalah memiliki ukuran biji besar dan umurnya sangat genjah. Memang beberapa tahun yang lalu sempat dikembangkan varietas kedelai Panderman, yang pada saat itu menjadi varietas kedelai yang memiliki ukuran biji besar, dan petani menjualnya sebagai kedelai sayur. Tentu Dega 1 memiliki ukuran biji yang lebih besar dibandingkan Panderman, disamping juga umurnya jauh lebih genjah.

MMA

kalsel2 kalsel3
Keragaan galur-galur elit kedelai di Takisung, Galur No 16 adalah Dega 1 (kanan) (Foto koleksi BPSB Kalsel)