Berita ยป UPBS Tetapkan Rencana Produksi Benih Sumber Tahun 2022

Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitkabi memiliki tupoksi untuk memproduksi benih sumber tanaman aneka kacang dan umbi untuk kelas benih penjenis (BS) dan benih dasar (FS). Mengawali kinerja tahun 2022, UPBS melakukan koordinasi untuk merencanakan kegiatan produksi benih sumber.

Rapat koordinasi perencanaan produksi benih sumber tahun 2022 dipimpin oleh Wakil Direktur UPBS

Rapat koordinasi perencanaan produksi benih sumber tahun 2022 dipimpin oleh Wakil Direktur UPBS

Target produksi benih sumber UPBS tahun 2022 sebanyak 54 ton benih aneka kacang yang terdiri dari Kedelai (24 ton), Kacang Tanah (20 ton), Kacang Hijau (10 ton), serta Ubikayu dan Ubijalar masing-masing 100.000 stek.

Sebagai langkah awal dalam pencapaian target benih sumber tersebut, maka pada Senin, 10 Januari 2022 bertempat di Aula Balitkabi, UPBS melaksanakan rapat koordinasi untuk menetapkan rencana produksi benih sumber tahun 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Balitkabi sekaligus Plt. Direktur UPBS Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., Sub Koordinator Substansi Yantek Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P., Wakil Direktur UPBS Herdina Pratiwi, S.P., M.P., para Manajer UPBS, dan 5 Koordinator IP2TP lingkup Balitkabi yang bergabung secara luring dan daring.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Balitkabi sekaligus Plt. Direktur UPBS Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., disampaikan bahwa kita semua adalah Tim dan harus bekerja bersama-sama agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Sebagai bukti komitmen masing-masing pihak, penetapan target produksi benih sumber tersebut nantinya dituangkan dalam perjanjian kinerja antara UPBS dan IP2TP.

Sesi diskusi penetapan target produksi benih sumber untuk masing-masing IP2TP

Sesi diskusi penetapan target produksi benih sumber untuk masing-masing IP2TP

Selanjutnya Salam, S.P. selaku Manajer Produksi menyampaikan pemaparan rencana produksi benih sumber di IP2TP dan luar IP2TP. Pada pemaparan disampaikan target luasan dan target produksi benih masing-masing IP2TP sesuai dengan luas dan kesesuaian lahan dengan komoditas yang akan ditanam.

Tindaklanjutnya, UPBS akan menyiapkan juknis kegiatan dan benih yang akan digunakan sebagai bahan tanam. Diharapkan pada MK I realisasi produksi benih sumber dapat mencapai 60-70% dari seluruh target yang ditetapkan.

WR