Berita ยป Vaksinasi Covid-19 Demi Terwujudnya Masyarakat Sehat Balitkabi

Kepala Balitkabi mengawali vaksinasi Covid-19

Kepala Balitkabi mengawali vaksinasi Covid-19

Pemerintah telah menetapkan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana non-alam. Sejak diumumkan kasus konfirmasi pertama pada Maret 2020, dalam rentang waktu satu bulan, seluruh provinsi telah melaporkan kasus konfirmasi yang sama. Penyebaran COVID-19 tidak hanya terjadi di kota padat penduduk, namun telah menyebar hingga ke pedesaan dan daerah terpencil. Oleh karena itu, pemerintah segera melakukan intervensi, salah satunya dengan vaksinasi yang terbukti efektif memutus mata rantai penularan penyakit. Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Demi mensukseskan program pemerintah tersebut, Balitkabi melaksanakan vaksinasi tahap I secara serentak dari tanggal 30 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Vaksinasi diikuti oleh seluruh karyawan, baik ASN maupun non ASN, yang berjumlah 239 orang, meliputi dari Balitkabi, IP2TP Kendalpayak, dan IP2TP Jambegede. Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan oleh RS Ben Mari yang berlokasi di Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan vaksinasi berjalan lancar sesuai dengan penjadwalan yang telah ditetapkan. Kegiatan vaksin menggunakan pelayanan alur Empat Meja, yang mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor hk.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Meskipun vaksin Covid-19 terbukti efektif, diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan dan sebisa mungkin menghindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak. Hal ini bertujuan agar proses vaksinasi yang pelaksanaannya bertahap untuk seluruh masyarakat ini bisa berjalan efektif.

Selanjutnya, Balitkabi kembali akan melaksanakan vaksinasi tahap II yang dimulai tanggal 13 April 2021. Semoga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tetap berjalan lancar.

ELY

vaksin1 vaksin2 whatsapp-image-2021-04-05-at-9-30-52-am
Pelaksanan vaksinasi Covid-19 pada karyawan Balitkabi di RS Ben Mari