Berita » Wamen Supervisi Persiapan Konferensi Jagung Internasional

Untuk memastikan persiapan konferensi jagung internasional (International Maize Converence), Kementerian Pertanian melalui Wakil Menteri Pertanian berkunjung langsung ke lokasi gelar teknologi pertanian di Desa Tenilo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo pada Sabtu (22/9).  Dalam kunjungan tersebut Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Hariawan didampingi oleh  Dirjen Serealia, Kepala Balai Penelitian  Serealia  Maros, Kepala BPTP Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo, dan  jajaran pejabat teras pemerintah provinsi Gorontalo. Kedatangan Wamen disambut antusias oleh warga di sekitar lokasi. Dalam sambutannya yang berlangsung sekitar 40 menit, Dr. Rusman Hariawan menyampaikan terimakasih kepada warga sekitar yang telah bersedia membantu proses persiapan acara besar tersebut.  Kepada para petugas lapang beliau menyarankan agar dapat bekerja dengan serius dan penuh tanggung jawab sehingga hasil kerjanya akan maksimal dan pada puncak acara nanti. Beliau juga mengharapkan bahwa dalam gelar teknologi tersebut diharapkan ada teknologi pertanian yang bisa diadopsi oleh masyarakat Gorontalo sehingga apa yang telah dihasilkan oleh Kementerian Pertanian khususnya Badan Litbang pertanian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

  Dalam gelar teknologi kali ini Badan Litbang Pertanian menggelar empat varietas kedelai (Argomulyo, Anjasmoro,  Grobogan, dan Burangrang), empat varietas kacang hijau (Vima-1, Kutilang, Murai, dan Nuri), empat varietas kacang tanah (Talam-1, Takar, Hipoma 1, dan Hipoma 2), dan delapan varietas ubi jalar (Beta 1, Beta 2, Sukuh,  Sari, Kidal, RIS03603-05, MSU 03028-10, dan MSU 01022-12). Aneka varietas jagung hibrida, jagung komposit, dan jagung manis, juga ditanam untuk dipamerkan. Sedang BPTP Gorontalo lebih fokus pada gelar teknologi model kawasan rumah pangan lestari. Selain diikuti oleh pihak pemerintah, acara ini juga diikuti oleh pihak pengusaha baik BUMN maupun swasta khusunya mereka yang memiliki produk komoditas jagung.

Wakil Menteri Pertanian, Dr Rusman Hariawan, didampingi Kepala Balitsereal Dr. Herman Subagio dan Pejabat Pertanian dan Prov Gorontalo saat berkunjung ke Gorontalo.